Tips dan Cara Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dan Bertahan Lama

Tips dan Cara Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dan Bertahan Lama

Cartless.id—  Membangun bisnis membutuhkan ketahanan. Banyak hal telah dikerjakan, modalpun terkuras namun hasil yang didapat stagnan bahkan nihil atau merugi. Kesulitan lain datang bertubi. Kebutuhan pribadi serta keluarga mengancam. Alih-alih bisnis sukses apalagi bertahan lama, tetapi hal seperti ini kadang sering membuat pelaku bisnis berhenti dan mundur.

Saya cuma bisa katakan: “Jangan menyerah!” Semua yang telah Anda lakukan adalah sebuah niat baik dan tulus untuk diri dan orang lain. Saya percaya, hal tersebut jika tidak terbayar di dunia akan terbayar kelak di surga. Amin!

Teruslah berusaha.

Tips dan Cara Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dan Bertahan Lama :

1. Tetap Fokus pada Nilai-nilai Usaha Anda

Anda membangun bisnis sedari awal tentu sudah melalui tekad yang kuat, passion yang sesuai dan niat yang tulus untuk diri sendiri dan keluarga. Tetap fokus pada nilai Anda tersebut dan core-values bisnis Anda. Mengapa mundur dari sebuah pekerjaan yang baik? Lakukan saja terus, tebar kebaikan melalui bisnis Anda dan hasilnya akan terbayar pasti. Tuhan tidak tutup mata.

2. Berpikir “Tak Kenal Takut”

Jadilah berani dan tanamkan di alam bawah sadar Anda suatu pikiran “Tak Kenal Takut”.

Robert Greene, seorang penulis Bestseller –The 48 Laws of Power, dalam salah satu bukunya  yang ditulis bersama 50 Cent, “The 50th Law” menulis panduan Strategi Bisnis & Kehidupan Berdasarkan Satu Asas: Tak Kenal Takut. Dalam salah satu bab diceritakan mengenai salah satu ketakutan terbesar “Fifty” (50 Cent) yang juga dimiliki oleh semua anak adalah ditelantarkan dan ditinggalkan seorang diri di sebuah dunia yang menakutkan. Fifty tidak pernah mengenal ayahnya dan ibunya dibunuh ketika dia berumur 8 tahun. Fifty mengembangkan kebiasaan untuk tidak bergantung kepada orang lain untuk melindungi dan menjaga diri. Jika dia tidak ingin merasa takut, maka dia harus belajar mengatasinya dengan caranya sendiri. Terus mengalami kekecewaan, membuatnya merasa sangat kuat dan dia dengan cepat belajar tentang pentingnya keberanian.

Apa yang bisa diambil dari sini adalah, seberapa besar dan seringnya kekecewaan berulang yang Anda alami dalam berbisnis, hal itu adalah sebuah proses bahwa Anda akan berpikir “Tak Kenal Takut” untuk terus menghadapi berbagai kesulitan sampai itu mendarah daging dalam diri Anda. Jadi jangan pernah takut!

3. Improve Cara Menjalankan Bisnis

Jika bisnis terasa stagnan, berarti ada sesuatu yang harus diperbaharui. Apakah Anda saat ini berbisnis secara konvensional dan perlu beralih ke online? (Beralihlah….),  Apakah ada biaya percuma yang terbuang sia-sia? (Efisienkan dan pangkas…), Apakah Anda perlu meningkatkan skill dan kemampuan? (Belajarlah kembali dari network, mentor atau orang lain yang berhasil…)

Intinya Anda perlu merubah dan meningkatkan cara-cara Anda menjalankan bisnis. Tingkatkan permainan!

4. Gunakan Digital Marketing. Wajib!

Di era industri 4.0 sekarang, digital marketing adalah suatu keharusan. Bisnis kecil Anda pasti lambat laun akan sukses dan bertahan lama, karena bisnis yang disimpan di dalam sistem cloud internet dan selalu meninggalkan jejak digital tidak akan pernah hilang asal Anda selalu meng-updatenya.

Pelajari dan kuasai 4 elemen dasar Digital Marketing ini :

WEBSITE + SOCIAL MEDIA (Facebook Ads/Instagram Ads) + SEO (Search Engine Optimation) + GOOGLE ADS

5. Jadikan Bisnis Anda Sesuatu yang Sangat Berarti

Selain Sang Pencipta, diri sendiri dan keluarga, jadikan bisnis dan pekerjaan Anda sesuatu yang sangat berarti dalam hidup. Ini akan membuat Anda tidak akan pernah merasa lelah karena semua yang Anda lakukan adalah untuk memuliakan namaNya dan kepentingan keluarga.

Tulis mimpi-mimpi Anda dan semua hal yang telah diraih. Terus berusaha mencapainya. Jangan berfokus pada kegagalan tetapi fokuslah pada apa yang telah Anda nikmati dari berkat-berkat yang telah diberi Tuhan kepada Anda. Ini akan memberikan energi baru untuk Anda terus mempertahankan bisnis bertahan lama.

6. Beri Solusi bagi Masalah Dasar Konsumen Anda

Pecahkan masalah utama yang dihadapi konsumen Anda. Apa yang sebenarnya mereka inginkan dari produk atau jasa Anda. Tanya dan surveylah konsumen. Berusahalah untuk memenuhi harapannya. Lakukan inovasi dan tambahkan fitur-fitur atau benefit yang bermanfaat untuk memuaskan konsumen dan pecahkan masalahnya. Jika ekspektasi konsumen terpenuhi, mereka pasti akan kembali berapapun harga yang akan dibayar. Terjadi repeat order, maka bisnis Anda sustainable!

7. Jalin Komunikasi Berkelanjutan dengan Konsumen

Komunikasi dengan konsumen penting untuk Anda tetap terhubung dengan keinginan pelanggan. Update berita-berita terbaru mengenai produk atau jasa Anda. Sampaikan promo-promo atau benefit lain yang bisa diberikan. Minta testimoni mereka. Evaluasi yang kurang. Bisa juga dengan terus mengupdate artikel Blog website Anda ditambah dengan meningkatkan awarness melalui sosial media bisnis Anda.

Google Mybusiness adalah salah satu layanan dari Google agar Anda bisa tetap terhubung dengan pelanggan. Buat akun bisnis Anda disitu dan update mengenai semua yang terbaru dari bisnis Anda. Sampaikan jawaban positif dan berjanji akan melakukan perbaikan jika ada keluhan. Bisnis Anda akan berproses secara positif dan bertahan lama.

8. Pikirkan Pengembangan

Jika semua yang dilakukan berhasil atau mengarah kepada keberhasilan dan terasa bisnis kecil Anda bisa survive di masa sulit, maka mulailah untuk berpikir ke arah pengembangan. Memperlebar jaringan melalui marketplace, menambah outlet baru atau sekedar menambah karyawan baru bisa mengarahkan bisnis Anda ke sesuatu yang lebih besar, sukses dan bertahan lama.

Demikianlah, Tips dan Cara Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dan Bertahan Lama.

Semoga bermanfaat! 🙂

Baca juga : Promosikan Website Anda dengan 8 Cara Gratis Ini, Mudah dan Jitu!

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

4 thoughts on “Tips dan Cara Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dan Bertahan Lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *