Pahami 3 Tips Merintis Bisnis Online Ini Agar Cepat Berhasil!

Pahami 3 Tips Merintis Bisnis Online Ini Agar Cepat Berhasil!

” Tips Merintis Bisnis Online Agar Cepat Berhasil, Selain Mindset & Kapabilitas! “

Cartless.id— Adakah cara menghasilkan uang dari bisnis online yang benar-benar bisa diterapkan? Rasa penasaran tersebut seringkali hinggap pada pebisnis online yang sedang merintis usahanya.

Khawatir merugi. Takut barang tidak laku dan hanya membuang waktu, tenaga serta modal adalah kendala yang tercipta dari diri sendiri.

Terkadang orang lupa bahwa mereka terlalu berpikir sukses dan hasil akhir, tetapi malah lalai menjalankan suatu planning. Sebelum masuk ke memahami merintis bisnis online agar cepat berhasil, saya ingin bongkar 2 hal ini dulu: Mindset dan Kapabilitas.

 

Menciptakan Mindset Sebagai Penjual Online

Satu hal yang perlu diingat bahwa kesuksesan tidak datang dengan mudah tetapi perlu kerja keras untuk meraihnya. Begitupun halnya dengan berbisnis online.

Penghasilan yang diperoleh dengan memanfaatkan internet sebagai sarana, tergantung pada seberapa serius dan konsisten menekuni ladang yang ditanam benih demi mengharapkan hasilnya. Seperti kata pepatah hasil tak akan pernah mengkhianati usaha.

Demikian pula halnya jika berniat ingin mendapatkan penghasilan dari internet, maka ciptakanlah mindset Serius dan Konsisten.

Serius dan konsisten ditambah kerja keras adalah merupakan paket lengkap dari mindset yang harus tercipta sebagai penjual online.

Untuk lebih memahami Mindset dari Bisnis Online yang sukses, Anda bisa mengunjungi artikel Bahasa Inggris berikut ini : Starting Your Business: The Tools, Resources and Mindset You Need to Succeed

 

Meningkatkan Kapabilitas sebagai Pedagang Online

Ingin Sukses dalam berbisnis online maka yang perlu dibenahi pertama kali adalah mindset sebagai pebisnis online di atas tadi. Siapkan mental dan kemampuan sebagai pebisnis online.

Jangan hanya berpikir mencari cara mendapatkan uang dari internet. Tetapi mulailah untuk mempraktikkannya secara serius dan konsisten.

Untuk bisa mempraktikannya secara serius dan konsisten Anda harus meningkatkan kapabilitas Anda. Belajarlah memahami bisnis online secara massif, brutal dan tak kenal henti.

Ya, brutal dan tak kenal henti karena banyaknya kompetitor di luar sana dan teknologi tak kenal waktu untuk terus mengupdate diri, hari ini di-launching besok sudah muncul teknologi baru.

Takut?… Itu wajar dan manusiawi. Anda hanya harus tetap mengupdate diri Anda dengan teknologi tersebut supaya bisnis online Anda tetap bisa mengikuti. Banyak pelatihan bisnis online diluar sana yang bisa diikuti.

Salah satunya, Anda bisa meningkatkan kapabilitas dengan belajar bisnis online di Komunitas SB1M atau meng-eksplore Dewatalks dan Blog Dewaweb.

Baca Juga : 4 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

 

Setelah mempunyai Mindset dan Kapabilitas, untuk selanjutnya langsung saja…

Pahami 3 Tips Merintis Bisnis Online Ini Agar Cepat Berhasil!

Seperti disebutkan sebelumnya, merintis bisnis online perlu dilakukan secara serius dan konsisten agar cepat berhasil. Bukan saja cepat berhasil tetapi harus sustainable artinya terus berdaya tahan lama atau bisnis stabil.

Usaha yang dilakukan itu semua harus didasari pada tips ini :

TIPS #1. Pedagang Online Harus Punya Kemampuan Menjual

Pedagang online setidaknya harus punya kemampuan menjual. Kemampuan menjual adalah naluri alami sebagai pedagang. Tidak ada ceritanya berdagang diam-diam tanpa mempromosikan produk dan tidak peduli cara mengenalkan produknya ke pasaran.

Promosi produk adalah tombak utama pemasaran. Dari promosilah ketertarikan konsumen berasal.

Bagaimana kalau tidak punya kemampuan menjual? Tenang…

Saat ini dunia digital marketing telah membantu banyak orang menjual produk dan jasanya tanpa perlu cuap-cuap seperti di pasar. Cukup posting barang dan jasa secara menarik di media social atau marketplace, beri harga murah dengan produk yang berkualitas, dan produk laku terjual. Itulah dahsyatnya dunia digital.

Namun kemampuan menjual yang dimaksud saat ini lebih kepada bagaimana seseorang mampu memanage produk atau jasanya agar lebih dikenal secara luas dengan memanfaatkan pemasaran lewat internet/daring dan menguasai teknik marketingnya.

Intinya, seorang pedagang online harus tetap mempunyai kemampuan menjual, entah itu secara naluriah/otodidak atau dengan dilatih dengan terus melakukan dan belajar.

TIPS #2. Pedagang Online Harus Paham dan Mengikuti Perkembangan Internet.

Memulai bisnis online tapi tidak paham internet sama juga bohong. Bagaimana cara memanfaatkan internet sebagai sarana berdagang jika mengoperasikannya saja tidak bisa?

Ketika pedagang online mampu meraup omzet jutaan rupiah per hari karena getol promosi

lewat media sosial maka pedagang online yang gagap teknologi hanya bisa menggigit jari. Untuk itu diperlukan keinginan yang kuat untuk memahami dan mengikuti perkembangan dunia internet dengan digital marketingnya agar mampu berkompetisi dan mempunyai daya saing dengan pedagang online lainnya.

Gagap teknologi bukan sesuatu yang perlu dibahas lagi bagi rakyat kebanyakan. Pedagang harus menguasai dan mengikuti perkembangannya.

Ada suatu prinsip yang mengatakan bahwa buat apa susah2 menguasai internet, toh kita juga bisa membayar orang untuk membantu melakukan bisnis dan penjualan lewat internet.

Tapi dengan memutuskan untuk berdagang online, bukankah suatu saat nanti Anda akan mengembangkan bisnis Anda dan bertemu dengan rekan bisnis potensial, membahasnya dan bekerjasama secara online atau konsumen yang menginginkan pelayanan lebih cepat dan mudah via internet?

Meskipun ada karyawan yang dibayar untuk menghadapinya, namun Anda adalah tetap representasi dari bisnis Anda sendiri.  

 

TIPS #3. Pedagang Online Harus Memahami Teknik Marketing

Pedagang online harus memahami dan menguasai teknik-teknik marketing apa yang akan dipakai. Teknik marketing dibutuhkan untuk menstabilkan terjadinya penjualan atau closing.

Teknik Marketing yang bisa dijalankan dengan kondisi saat ini adalah seperti menguasai copywriting, periklanan online (FBads, GoogleAds, dll) atau media website dan blogging.

Naluri menjual akan tercipta karena terbiasa melakukan jenis-jenis pemasaran secara online tersebut. Secara perlahan dan pasti akan mengetahui target pasarnya dan secara perlahan melakukan teknik penjualan berulang seperti melalui funelling dan email marketing.

Demikianlah, ketiga hal tips mendasar ini perlu dimiliki oleh seluruh pedagang yang ingin terjun di bisnis online. Selamat mencoba! 🙂

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *