Melihat Totalitas 50 Tahun Bernyanyi Art Garfunkel (Simon & Garfunkel)

Melihat Totalitas 50 Tahun Bernyanyi Art Garfunkel (Simon & Garfunkel)

Cartless.id– Melihat Totalitas 50 Tahun Bernyanyi Art Garfunkel (Simon & Garfunkel).

Penikmat musik folk rock Amerika tahun 60-70’an pasti mengenal group duo Simon & Garfunkel. Group musik asal Queens, New York USA ini digawangi oleh Paul Simon dan Arthur Garfunkel. Mereka mulai merekam lagu-lagu orisinil ciptaan Paul Simon sejak tahun 1955.

Berarti hingga saat ini (2020) jika mereka telah bernyanyi selama lebih dari 50 tahun, Simon & Garfunkel telah memulainya secara profesional ketika berumur sekitar 15 tahun karena umur mereka berdua sama yaitu sama-sama lahir pada tahun 1941.

Lagu-lagu hits seperti “ Bridge Over Trouble Water”, “Sound of Silence”, “Mrs.Robinson”, “the Boxer”, “Cecilia”, “Scarborough Fair”, “I am a Rock”, “El Condor Pasa”, sudah sangat populer buat para penggemar di seluruh penjuru dunia.

Menikmati lagu-lagu Simon & Garfunkel seperti berada pada atmosfer lain. Petikan gitar akustik Paul Simon yang dipadu dengan duet vocal yang harmonis serta lirik lagu yang indah membuat kita yang mendengarkannya serasa seperti lupa akan keadaan nyata yang sedang terjadi saat ini. Bahkan covid-19 sekalipun! Sungguh bro.. hehe..:)

 

Melihat Totalitas 50 Tahun Bernyanyi Art Garfunkel (Simon & Garfunkel)

Melihat Totalitas 50 Tahun Bernyanyi Art Garfunkel (Simon & Garfunkel)
Image via Tim Bracken/Youtube

Penulis yang mengagumi lagu-lagu mereka, belum lama ini menemukan video YouTube sang maestro bernyanyi “live” bersama anak laki-lakinya Arthur James Jr. di Uptown Theatre, Napa, California USA 12 Mei 2019.

Dua lagu diantaranya yang dibawakan pada acara live tersebut adalah lagu lawas “Devoted to you” dari the Everly Brothers yang merupakan group favorit Artie (panggilan Arthur Gurfunkel) dan lagu hits “Bridge Over Troubled Water”.

Artie saat di video itu berumur 78 tahun. Power suaranya memang sudah tidak seperti pada saat muda lagi, namun kualitas keindahan dan harmoni suaranya tidak hilang sama sekali.

Apalagi setelah Artie menyanyikan “Bridge Over Troubled Water” pada live tersebut. Terasa seperti dibawa ke nuansa lain bagi yang mendengarkannya. Sang legenda ini memang susah dicari tandingannya.

Bayangkan, bernyanyi di usia 78 tahun dengan kualitas vocal yang masih terdengar indah.

Pertanyaannya, dimana dan sedang apa kita saat berumur 78 tahun……? 🙂 Apakaah …, (Hanya Tuhan yang tau).

Sang Pencipta memang memberi talenta dan jalan hidup yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Tanpa gairah dan passion serta bakat dan berkat yang telah diberikan Tuhan kepada Artie ditambah dengan lika-liku menjalani perjalanan hidupnya, mungkin dia tidak akan bisa bernyanyi seperti itu di usia 78 tahun.

Namun yang bisa kita pelajari dari Artie adalah Totalitas dan Profesionalitas-nya dalam bernyanyi dan bermusik atau dalam hal yang dia bisa lakukan.

Dia begitu menikmatinya, tidak perduli usianya, setia dan tidak takut menjalani panggilan hidup sebagai penyanyi dan yang terpenting selalu berusaha memberikan warna sukacita dan semangat bagi semua pendengar lewat lagu-lagu yang menginspirasi.

Pertanyaannya lagi, bagaimana dengan talenta dan perjalanan karir yang telah diberikan Tuhan kepada kita? 🙂

Apakah sudah kita gunakan dengan sebaik-baiknya dan berbuah, alias bermanfaat buat sesama? Semoga.

 

Momen inspirasi

Menarik mendengar satu ucapannya kepada additional guitarist pada live acara tersebut :

Artie : “Lets try Bridge Over Troubled Water, because people like it. We’re going to try a higher key this time”.   (sederhana, rendah hati dan selalu berusaha memberi yang terbaik)

Serta membaca satu comment dari seorang penonton video Youtube Artie ini :

Hildegard Bellmann : “I am almost your age, but your voice and this song saved my life from suicide. Thank you.”  (hmmm.., no comment untuk yang ini :))

Memberi kredit poin kepada Artie tidak lengkap tanpa memberikannya juga kepada teman duetnya Paul Simon. Kombinasi bakat musik keduanya memberikan arti dan inspirasi bagi kehidupan banyak orang.

Hal positif yang sama tentunya juga diberikan untuk Paul Simon sebagai teman karirnya.

 

Penutup

Itulah mungkin mengapa Simon & Garfunkel dikaruniai talenta bernyanyi oleh Tuhan seperti itu kali ya..?! :). Bernyanyi sampai hembusan nafas terakhir. Bermanfaat dan menginspirasi bagi banyak orang selama 50 tahun lebih.

Sekali lagi, suatu pelajaran hidup yang bisa kita ambil: “Totalitas dalam melakukan suatu hal yang bermanfaat”.

Lebih jauh mengenai Art Garfunkel: artgarfunkel.com

 

Baca juga : Tempat Kursus Musik dan Vokal Secara Online Virtual di Indonesia

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.