Langkah Demi Langkah Sederhana Belajar Digital Marketing Buat Pemula

Langkah Demi Langkah Sederhana Belajar Digital Marketing Buat Pemula
Ilustrasi: Belajar Digital Marketing

Belajar digital marketing dari nol adalah tidak sulit. Serius!, siapapun bisa asal ada kemauan dan rajin praktek. Apalagi jika Anda adalah seorang pemilik bisnis. Kuasailah ilmu yang satu ini, manfaatnya besar sekali. Namun, bagaimana langkah demi langkah sederhana belajar digital marketing buat pemula?

Pada dasarnya digital marketing digunakan agar bisnis, portofolio, atau branding Anda mudah ditemukan di internet oleh target pasar atau konsumen Anda. Dari situ terjadi interaksi dan transaksi yang akan menguntungkan diantara kedua pihak yaitu si pencari dan pemilik brand di internet.

Digital marketing mempunyai banyak karakteristik yang mesti dikuasai agar menjadi expert, seperti gambar elemen digital marketing di bawah ini: (Tapi Anda belum ingin menjadi expert dulu kan?) 🙂

Langkah Demi Langkah Sederhana Belajar Digital Marketing Buat Pemula

Tentu saja, Anda akan bisa disebut ahli digital marketing jika mampu menguasai semua karakteristik bidang di atas. Bahkan masih banyak lagi elemen digital marketing yang belum disebutkan dan hal yang sangat bagus jika Anda bisa menguasai yang lainnya. Tapi berdasarkan pengalaman, menguasai kulit luarnya saja sudah sangat membantu kegiatan online atau bisnis kita.

Langkah demi langkah yang dipaparkan disini tidak berdasarkan silabus lengkap yang diajarkan di tempat kursus digital marketing. Namun berdasarkan pengalaman kami nyemplung langsung ke dalam komunitas digital marketing. Belajar singkat, praktek langsung, hingga meng-create prototype bisnis dan mendapatkan hasil financial.

Yukk, belajar dan praktekkan langsung langkah-langkah sederhana berikut :

Langkah Demi Langkah Sederhana Belajar Digital Marketing Buat Pemula

1. Bergabung ke Suatu Komunitas Digital Marketing

Cara cepat dan sederhana untuk mengetahui seluk beluk suatu hal adalah dengan bergabung dan terjun langsung serta bergelut ke dalam kawah candradimuka-nya. Anda bisa juga secara mandiri belajar dari internet atau buku-buku mengenai digital marketing alias belajar secara otodidak.

Tetapi itu cukup memakan waktu karena tidak ada tempat bertanya langsung dan mentor yang siap membimbing. Selain itu Anda kurang mengetahui dan meng-implementasikan jam terbang dari berbagai kejadian, trik atau tips mengenai berbagai kasus digital marketing yang terjadi di lapangan bersama orang lain. Lagipula dengan bergabung ke dalam suatu komunitas, Anda bisa selalu ter-update mengenai hal terbaru dalam dunia digital marketing.

Begitupun berlaku dengan bidang lain seperti saham, properti, impor barang atau lainnya. Bergabung ke dalam suatu komunitas digital marketing selain memperluas wawasan dan akan meningkatkan skill, juga bisa memperluas network Anda yang akan sangat berguna di kemudian hari.

 

2. Pahami Teori Singkat Mengenai Digital Marketing

Jangan belajar teori terlalu lama. Lebih banyak praktek maka Anda akan semakin mahir dan waktu tidak banyak terbuang percuma. Pengalaman adalah guru yang terbaik, kata orang. Namun teori awal tetap diperlukan untuk Anda mempunyai gambaran bagaimana akan melangkah dan memutuskan langkah selanjutnya yang sesuai dengan bidang dan tujuan Anda.

Misalnya pahami teori singkat mengenai :

  • Bagaimana website bisnis Anda bisa menjangkau ke seluruh pelosok bahkan dunia
  • Bagaimana program periklanan dari facebook bisa mensasar target konsumen Anda
  • Dengan meng-update status di social media saja bisa mendapatkan pembeli
  • dan lain sebagainya.

Pahami bahwa dengan digital marketing, produk atau jasa Anda akan secara efektif dan efisien dikenal luas dan menjangkau target konsumen serta bisa menghasilkan profit yang maksimal.

 

3. Praktek Awal (Buat Website Blog dan Update Akun Media Sosial)

Jika Anda sudah tergabung dalam suatu komunitas digital marketing, biasanya setelah pendalaman teori singkat mereka akan mengarahkan Anda untuk langsung membuat website atau blog pada provider penyedia jasa sewa hosting dan nama domain yang di-recommend oleh komunitas.

Jika belum bergabung, Anda bisa langsung memilih provider dimaksud dari dalam negeri seperti Niagahoster atau Dewaweb dan ikuti petunjuk atau tutorial mereka dalam cara membuat website atau blog.

Sewa hosting adalah dimana Anda membayar sewa tempat untuk website Anda yang berada pada server provider dimaksud. Sedangkan nama domain adalah nama yang Anda pilih sebagai nama website Anda. Pilih nama domain yang simple dan mudah diingat serta mencerminkan karakteristik dari bisnis atau niche Anda.

Buatlah website untuk bisnis jika ingin usaha Anda dikenal luas. Atau membuat website khusus berupa blog dimana Anda harus mengisi blog tersebut dengan beragam artikel yang menarik nantinya.

Disini kami menyarankan agar Anda membuat website dalam bentuk blog (blogging) terlebih dahulu dengan menggunakan WordPress untuk mulai belajar memahami digital marketing sebagai pemula.

Langkah-langkah awal membuat blog WordPress dapat Anda minta pada komunitas Anda bergabung atau tutorial yang diberikan oleh provider penyedia jasa dimana Anda menyewa hosting dan membeli domain.

Baca : Panduan Lengkap Cara Membuat Website ( Update 2020 )

Setelah itu buat akun di media social untuk bisnis atau usaha Anda (mis. Facebook Fanpage). Atau perbaharui akun pribadi yang mungkin sudah Anda punya pada platform Facebook dan Instagram. Rutinlah mengupdate status media social Anda seperlunya dengan kegiatan bisnis atau blogging Anda. Jangan memposting atau update status dengan membabi buta hanya untuk keperluan menjual produk atau jasa. Tapi seperlunya saja dan terlihat santun.

Nantinya website atau blog Anda ini akan dihubungkan dengan akun media social Anda dengan plugin (tools) secara otomatis yang ada didalam wordpress. Posting artikel yang sesuai dengan niche Anda. Semakin terisi blog Anda dengan beragam artikel menarik dan bermanfaat yang comply dengan kebijakan Google maka kemungkinannya akan semakin tinggi traffic orang yang akan mengunjungi blog Anda.

Belum lagi jika media social Anda sudah banyak dikenal secara luas dan promosi nama website Anda ada pada media social tersebut, maka akan tercipta hubungan yang saling kait-mengait antara website dengan media social yang akan meningkatkan traffic kunjungan website Anda yang ujung-ujungnya berpotensi menciptakan dan meningkatkan penghasilan dari niche atau bisnis Anda. Itu adalah salah satu contoh sederhana dari banyaknya keuntungan menggunakan digital marketing.

Baca : Cara Memaksimalkan Internet & Media Sosial Sebagai Alat Promosi Bisnis Online

 

4. Praktek SEO (SEO Sederhana dengan Artikel Blog)

SEO (Search Engine Optimation) bahasa sederhananya adalah bagaimana agar produk/jasa atau portofolio Anda mudah ditemukan oleh setiap orang di mesin pencarian Google dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang mereka ketik. Hasil akhirnya adalah website atau blog Anda berada pada halaman pertama mesin pencarian Google dimana mayoritas pengguna biasanya hanya mencari tahu mengenai yang ingin mereka cari pada halaman pertama mesin pencarian Google/SERP (Search Engine Result Page).

SEO sederhananya terbagi dua: OnPage dan OffPage.

OnPage adalah dimana Anda berusaha mengoptimasi konten dan halaman dari dalam website sendiri (Optimasi: konten, kata kunci/keyword, judul, URL, meta description, image/gambar, internal link, outbound link, sharing media social dan kecepatan website).

Sedangkan,

OffPage adalah dimana Anda berusaha mengoptimasi unsur-unsur terkait dari luar eksternal website atau blog Anda. Dalam hal ini berarti membangun popularitas dan link dari luar yang menuju ke website/blog Anda. (Optimasi: backlink dan social media).

Seiring berjalannya waktu dan praktek yang konsisten, Anda akan mengetahui lebih dalam mengenai SEO diatas dan akan semakin memahaminya. Kuncinya adalah sering praktek (jam terbang) membuat artikel. Mulailah dari membuat artikel secara sederhana lebih dahulu di dalam blog Anda.

Artikel harus informatif, bermanfaat bagi audience Anda dan orisinil/asli (tidak copy paste). Ada tulisan, gambar, informasi bermanfaat dan nantinya bisa dilengkapi dengan video atau infografik. Jika Anda menggunakan CMS WordPress, instal plugin “Yoast SEO” yang akan membantu Anda dalam memandu menghasilkan artikel yang SEO friendly.

Semakin banyak berlatih dengan menulis artikel, semakin Anda akan memahami penerapan SEO dan implementasinya di internet. Dampaknya blog Anda pun akan semakin kaya dengan konten dan bermanfaat bagi orang banyak. Cara ini sudah yang sangat paling sederhana. Ingat dalam memahami SEO kuncinya adalah jam terbang berlatih atau pengalaman dalam membuat artikel dan konten bermanfaat di internet.

 

5. Praktek Pelengkap (Membuat Video YouTube)

Mengapa kami sebut sebagai praktek pelengkap? Karena tergantung website yang Anda buat, apakah untuk situs bisnis atau untuk blogging. Jika situs web yang Anda buat untuk blogging dan memonetasinya, membuat video YouTube bisa dilewatkan dulu (skip). Tetapi jika situs web yang dibuat untuk keperluan bisnis atau portofolio jasa Anda, maka membuat video YouTube adalah sangat penting.

Konsumen akan lebih percaya jika bisnis yang Anda buat benar-benar riil atau ada secara fisik di dunia nyata melalui video yang Anda buat. Untuk membuat video YouTube sederhana bisa menggunakan smartphone secara langsung dengan menginstal aplikasi pembuat video di smartphone atau perangkat PC Anda dan kemudian video tersebut diupload ke dalam channel YouTube Anda.

Banyak aplikasi sederhana mengedit video secara gratis di PC yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kenyamanan Anda, seperti : Windows Movie Maker, Camtasia, ActionDirector, Adobe Premiere Pro, AVS Video Editor, Avidemux, VirtualDub, dll. Sedangkan aplikasi sederhana edit video gratis untuk Android bisa menggunakan: ActionDirector, Filmora, Kinemaster, InShot, VideoShow Editor, dll.

Buatlah video mengenai profil bisnis, portofolio jasa atau testimoni pelanggan Anda secara singkat dan lengkap sehingga calon konsumen akan memahami produk atau jasa yang Anda jual. Setelah video profil tersebut diupload maka link-nya bisa dikaitkan pada website dan akun social media Anda. Semakin banyak Anda membuat video yang diupload, semakin banyak kesempatan produk/jasa Anda ditemukan calon konsumen di internet.

Namun video harus singkat, padat, natural dan sesuai kaidah kesopanan serta tidak menyinggung SARA. Selanjutnya Anda tinggal membangun brand awareness bisnis atau portofolio Anda dari membuat video di channel video YouTube tersebut.

 

6. Praktek Beriklan (FacebookAds, InstagramAds, Listing Google Bisnisku, dan GoogleAds)

Setelah Anda menguasai cara membuat konten artikel di dalam blog atau konten video dengan mengisinya dengan jualan produk/jasa Anda, tibalah saatnya untuk mempromosikan blog atau produk/jasa jualan Anda tersebut dengan cara efektif dan efisien agar cepat menghasilkan. Efektif dan efisien berarti produk/jasa cepat sampai ke sasaran dan mengena langsung ke konsumen atau target pasar Anda. Inilah intinya digital marketing!.

Facebook Ads dan Instagram Ads :

Sebagai tahap awal Anda bisa memulainya dengan mencoba beriklan pada platform Facebook dan Instagram terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa mengembangkan kemampuan dengan beriklan pada Google Adword.

Facebook Ads
Instagram Ads

Google Ads :

Selanjutnya untuk Google Adwords, sebelum mulai beriklan pada platform ini buatlah terlebih dahulu akun produk/jasa atau portofolio Anda di Google Bisnisku. Hal ini penting agar bisnis atau portofolio Anda mudah dijangkau calon pelanggan di penelusuran Google dan Google Maps.

Selain itu dengan me-listing bisnis Anda di Google, Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan atau calon pelanggan secara gratis. Proses pembuatannya pun mudah, cepat dan gratis dengan menggunakan akun Google Anda pada platform Google Bisnisku.

Seiring berjalannya waktu dan bisnis atau portofolio Anda sudah berjalan dan mudah ditemukan orang, kembangkanlah lagi dengan beriklan pada Google Adwords. Cara pembayaran untuk mencoba beriklan pada ketiga platform di atas adalah dengan menggunakan kartu kredit, debet atau transfer bank.

 

7. Praktek Pengembangan (List Building & Email Marketing)

Jika Anda sudah menjalankan langkah ke 1-6 diatas, Anda bisa melakukan program pemasaran dari bisnis atau portofolio Anda dengan menggunakan email berulang secara otomatis (email marketing) kepada pelanggan atau calon pelanggan. Alamat email konsumen bisa didapatkan dari input pop-up subscribe via website atau secara manual melalui proses transaksional yang telah terjadi (list building).

Baca juga : Belajar List Building Secara Cepat dan Hasilnya Banyak

Nantinya email yang dikirim secara otomatis tersebut akan berisi program pemasaran Anda, campaign produk/jasa, artikel promosi, atau gift-gift promo discount. Dalam hal ini Anda membangun komunikasi secara kontinue dan brand awareness kepada konsumen.

Baca juga : Email Marketing – Panduan Lengkap

Contoh aplikasi email marketing yang bisa dicoba seperti: Mailchimp, KirimEmail, GetResponse, dll. Penting untuk diingat bahwa aplikasi email marketing ini berbayar dan sesuaikan dengan budget Anda.

Bisa juga Anda men-skip langkah ini setelah langkah beriklan pada tahap sebelumnya berhasil dan menggunakan keuntungan yang ada untuk memulai email marketing. Intinya langkah ini bisa dicoba sebagai tahap pengembangan setelah Anda memulai program digital marketing Anda dari langkah pertama di atas.

 

8. Terus Belajar + Praktek, Praktek dan Praktek!

Dalam memahami dan menguasai digital marketing secara perlahan, sederhana dan efektif, tiada lain Anda harus selalu terus banyak belajar dan praktek langsung. Ya, sekali lagi perhatikan hal di bawah ini …

TIPS: Melakukan terus praktek, jangan takut mencoba dan pantang menyerah! Kombinasikan dari semua langkah sederhana yang ada diatas, monitor hasilnya dan belajar dari kesalahan.

Dari praktek yang dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan berbagai pengalaman yang berharga dan Anda akan mengetahui elemen digital marketing apa yang sesuai dengan karakteristik bisnis atau portofolio Anda.

Jika ada yang bilang dan berpromosi bahwa bisa menguasai digital marketing dalam beberapa jam, hari atau bulan, kami pastikan bahwa itu tidak mungkin. Jam terbang yang banyak atau pengalaman yang tinggi adalah kunci dari memahami dan menguasai ilmu digital marketing.

Semoga bermanfaat dan berhasil. Keep fighting and keep spirit!

Selamat mencoba! 🙂

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *