Cara Memaksimalkan Internet & Media Sosial Sebagai Alat Promosi Bisnis Online

Cara Memaksimalkan Internet & Media Sosial Sebagai Alat Promosi Bisnis Online

Cartless.id— Ingin sukses dalam berbisnis? Perhatikan cara berpromosi apakah sudah efisien, konsisten dan tepat sasaran? Promosi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi omzet penjualan. Konsumen bisa mempertimbangkan untuk membeli suatu produk karena gencarnya promosi. Tanpa promosi, informasi mengenai suatu produk maupun jasa tidak akan sampai pada konsumen. Berikut kami sampaikan sekilas cara memaksimalkan internet & media sosial sebagai alat promosi bisnis online. 

Namun, perlu kami jelaskan sebelumnya cara berpromosi dalam pemasarannya. 

Cara Berpromosi dalam Pemasaran

Promosi yang efektif adalah menjelaskan suatu produk secara detail. Informasi yang dibutuhkan konsumen dari suatu produk adalah tentang fungsi produk, harga, pilihan ukuran dan warna dan informasi penunjang seperti bahan pembuat, dosis pemakaian (jika produk berupa obat dan suplemen) dan bagaimana cara mendapatkan produk tersebut meliputi tempat penjualan produk jika dijual secara offline, tata cara order jika hanya dijual secara online. 

Mengingat pentingnya promosi maka suatu iklan hendaknya dikemas dalam kalimat singkat, padat, berisi dan informatif. Menekankan pada keunggulan produk sah-sah saja. Tetapi perlu diingat bahwa promosi hendaknya sewajarnya. Tidak menggunakan kalimat hiperbola sehingga calon konsumen malah mempertanyakan valid tidaknya manfaat produk tersebut.

Sekilas cara memaksimalkan internet & media sosial sebagai alat promosi bisnis online :

 

1. Promosi Bisnis Online via Internet

Jika Anda sudah mempunyai bisnis berdagang produk atau jasa namun masih dengan cara konvensional (toko, ruko, dan lapak) atau baru memulai membuka bisnis produk atau jasa, tidak usah pikir panjang lagi segera pindahkan dan langsung action secara online untuk memperluas jangkauan pelanggan Anda.

Sarana atau perangkat cepat sederhana yang Anda bisa gunakan adalah : Website / Toko Online sendiri dan Toko Online di Marketplace. (Segera action dan buatlah!).

Dengan mempunyai Website atau Toko Online sendiri, Anda sudah secara otomatis selama 24 jam dalam 7 hari seminggu (24/7) untuk mengenalkan bisnis Anda pada konsumen tanpa perlu bercuap-cuap lagi. Bisnis Andapun terlihat lebih kredibel di mata konsumen. 

Panduan cara membuat website sendiri bisa Anda lihat pada link artikel (klik sini), dan Anda bisa memulai dengan membeli domain dan hostingnya terlebih dahulu. 

Sedangkan dengan membuka Toko Online atau Listing Jasa di Marketplace terkenal, bisnis Anda bisa secara lebih cepat mengenai sasaran karena target pasar sudah terbantu dicarikan oleh marketplace dan Anda tidak perlu bersaing untuk budget promosi dengan perusahaan bermodal besar seperti marketplace tadi. Untuk produk bisa listing di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll. Untuk Jasa tergantung jenis bisnis jasa Anda, bisa di sribulancer, freelancer, tripadvisor, dan lain-lain.

 

2. Promosi Bisnis Online Via Media Sosial

Bagi pebisnis dunia maya, berpromosi melalui media sosial adalah salah satu tips dan cara bisnis kecil Anda bisa sukses dan bertahan lama. Internet adalah sarana promosi paling efektif di zaman dunia digital. Hampir semua orang terutama yang tinggal di perkotaan memiliki gadget dengan akses internet bebas. Mereka yang bisa mengakses internet secara bebas rata-rata memiliki akun media sosial. 

Beberapa di antaranya memiliki akun media sosial lebih dari satu jenis. Facebook, Twitter, Instagram, dan blog adalah media-media sosial yang bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mempromosikan produk dan komoditas dagang.

Masing-masing media sosial memiliki ciri khusus untuk mempromosikan barang. Jika ingin :

  • Produk diperkenalkan dalam satu postingan lengkap dengan gambar dan iklan bisa dibaca real time maka Facebook adalah pilihan tepat.
  • Twitter efektif untuk promosi dengan kalimat-kalimat pendek sekitar 240 karakter dengan hashtag tertentu untuk menarik perhatian.
  • Sedangkan Instagram adalah sarana yang tepat untuk beriklan secara visual.

Sesuaikan dengan bisnis Anda, platform media sosial mana yang lebih mengena untuk dipakai dengan target produk dan jasa berikut target calon konsumennya.

Kesimpulan: Menggunakan sarana internet dan sosial media untuk promosi bisnis online adalah mutlak, apalagi bagi Anda yang masih melakukannya secara konvensional. Era digital 4.0 saat ini tidak bisa menunggu-nunggu untuk Anda tidak segera action berbuat karena teknologi digital dengan segala perkembangannya terus berubah dari waktu ke waktu. Tinggal kita bisa menyesuaikannya atau tidak agar jangan terlindas oleh jaman, karena bisnis adalah bergerak dan dinamis.

Selamat mencoba dan salam sukses!

Baca juga : 

 

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

5 thoughts on “Cara Memaksimalkan Internet & Media Sosial Sebagai Alat Promosi Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *