8 Langkah Awal Jitu dalam Mewujudkan Ide Bisnis Kecil Anda

8 Langkah Awal Jitu Mewujudkan Ide Bisnis Kecil

Cartless.id— Jika Anda sudah bertekad ingin berbisnis, biasanya sudah ada beberapa ide di benak Anda. Ide bisnis tersebut akan lebih baik bila segera diwujudkan. Semakin cepat terealisasi, semakin cepat dan luas Anda memperoleh wawasan dalam berbisnis.

Namun kadang kita tidak mengetahui langkah awal yang bisa digunakan dan pertimbangan apa yang dipakai. Semua pikiran itu normal karena Anda tidak ingin salah melangkah dan merugi. Saran saya, jangan terlalu lama dipikirkan dan segera saja jalankan. Untung-rugi adalah esensi sebuah bisnis. Lakukan evaluasi sambil berjalan.

Tips berikut ini semoga bisa membantu :

8 Langkah Awal Jitu dalam Mewujudkan Ide Bisnis Kecil Anda

1. Pilih Satu Ide Bisnis

Dari beberapa ide bisnis yang ada, pilih satu saja dulu dan fokus (simpan & dokumentasikan yang lain). Satu pilihan ide tersebut harus mempertimbangkan atau mempunyai beberapa faktor yang melekat seperti :

  • skill/kemampuan dan minat yang Anda miliki
  • sumber daya atau aset yang dipunyai: perlengkapan, dll
  • lingkungan yang bisa mendukung: keluarga, teman atau saudara
  • modal bisnis: dengan atau tanpa modal dana
  • target konsumennya siapa

Semua faktor tersebut adalah modal awal Anda untuk memulai. Jadi gunakan itu semua untuk mewujudkannya.

2. Amati dan Cari Kelemahan Produk atau Jasa Pesaing

Kompetitor yang mempunyai produk atau jasa yang serupa bukanlah sesuatu yang harus dilawan setengah mati. Jaman sekarang Anda harus bisa berkolaborasi dengan siapapun, bahkan kompetitor sekalipun. Jika bisa berkolaborasi itu lebih baik. Namun jika tidak terjadi anggaplah suatu persaingan yang sehat. Anda bisa mempelajari dan mencari kelemahan pesaing Anda yang kemudian Anda rubah menjadi kekuatan pada produk atau jasa Anda.

3. Tentukan Satu atau Lebih Produk yang Mempunyai Nilai Tambah untuk Dipasarkan

Buat satu atau lebih produk dan jasa yang ingin Anda pasarkan. Produk atau jasa Anda harus mempunyai suatu kelebihan dan nilai tambah dibanding lainnya. Lakukan riset kecil apa yang diinginkan oleh konsumen yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda. Maka penuhi itu dan bisa dijamin produk atau jasa Anda akan banjir order.

4. Siapkan Budget Awal Usaha Anda

Memulai mewujudkan bisnis mungkin saja tanpa modal. Anda bisa mendayagunakan semua kemampuan dan aset yang melekat pada diri dan lingkungan Anda. Jalani dan kumpulkan keuntungan untuk modal pengembangan. Setelah cukup ketersediaan modal, buat sebuah anggaran atau budget awal untuk memperhitungkan laba-rugi. Budget awalnya berupa biaya investasi, biaya produksi dan biaya operasional yang digunakan di awal-awal usaha.

Baca juga :  12 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal, No.3 & 8 Mudah Sekaligus Penting!

5. Sesuaikan Jumlah dan Proses Produksi

Dalam tahap awal, jika Anda sangat yakin dengan bisnis Anda, jangan langsung memproduksi dalam jumlah besar. Mulai dengan produksi kecil terlebih dahulu. Jika dalam bisnis jasa, berikan layanan dasar dahulu baru kemudian tawarkan layanan terbaru dengan berbagai benefitnya. Intinya produk atau jasa Anda harus memenuhi kapasitas dan ekspektasi kebutuhan pembeli dan siap untuk dipasarkan.

6.  Usahakan Me-minimalisir Resiko

Setiap bisnis yang dijalankan mempunyai resiko karena adanya ketidakpastian di sana. Tetapi Anda bisa meminimalisir atau menekan resikonya dengan membuat beberapa strategi. Lakukan konsinyasi dahulu untuk menghindari rugi akibat produk tidak laku dipasaran, produksi sedikit dahulu di tahap awal, membuat website gratisan dan buka akun bisnis di sosial media, rumah atau co-working space sebagai tempat awal usaha dan masih banyak strategi lainnya. Semuanya untuk meminimalisir resiko.

7. Kembangkan Network Anda

Network atau jaringan disini bukan saja hanya jaringan bisnis untuk berkolaborasi seperti suplier, vendor atau bahkan kompetitor, tetapi juga jaringan teman atau komunitas yang siap membantu atau menjadi tempat bertanya serta mencari ilmu bisnis yang sesuai dengan bisnis yang Anda tekuni. Nilai tambah komunitas tersebut selain sebagai tempat berbagi juga untuk memperlebar promosi usaha Anda.

8. Punya Mentor Bisnis

Pada dasarnya pebisnis adalah juga manusia yang lemah. Pebisnis handal sekalipun bisa saja jatuh. Mempunyai mentor atau panutan yang sesuai dengan bidang bisnis Anda dan bisa dimintai pendapat sewaktu-waktu, kapan saja bila diperlukan adalah sangat baik. Namun mencarinya memang gampang-gampang susah. Carilah mentor bisnis yang sesuai dengan jiwa dan instuisi Anda.

Semoga bisa membantu dan selamat mencoba!

Baca juga :  4 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

 

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

2 thoughts on “8 Langkah Awal Jitu dalam Mewujudkan Ide Bisnis Kecil Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *