6 Cara Promosi Murah dan Efektif Agar Brand Dikenal Luas
Cartless.id– Setiap bisnis atau brand baru yang akan diluncurkan pasti membutuhkan banyak biaya dalam hal promosinya. Mulai dari sarana tempat beriklan, tenaga marketing, event yang diselenggarakan dan aktivitas lain yang mendukung promosi. Semua mencari cara promosi murah dan efektif agar brand dikenal luas. Nantinya berujung pada suatu tujuan agar bisnis mendapat banyak pelanggan.
Bagaimana dengan dengan bisnis Anda yang baru dirintis atau sudah berjalan namun belum memperoleh hasil atau profit yang maksimal akibat kurang dikenal luas dan belum mendapatkan banyak pelanggan.
Namun sebenarnya adakah cara promosi murah dan efektif agar brand dikenal luas?
Jangan khawatir, ada beberapa cara efektif sederhana dalam berpromosi yang tidak memerlukan biaya besar, namun mempunyai efek atau dampak dikenal luas di masyarakat terutama pada target pasar dari bisnis Anda. Mulailah dengan hal-hal kecil dan dengan cara-cara sederhana ini.
6 Cara Promosi Murah dan Efektif Agar Brand Dikenal Luas
1. Bersahabat dan Gunakan Sosial Media
Memulai dan memasarkan suatu brand dari bisnis kecil tidak mungkin tanpa menggunakan danĀ mengikutsertakan platform yang satu ini. Ya, social media. Bahkan bisnis besar dengan brand-brand yang sudah ternama pun tetap dan selalu menggunakannya (mereka mempunyai Sosial Media Manager sendiri).
Namun disinilah letak keunggulannya, social media menyentuh semua lapisan masyarakat dan tidak membutuhkan biaya besar, bermanfaat dan efekti sekali untuk bisnis kecil, tergantung dari Anda mengelola dan berhubungan dengan semua orang yang terkait dengan bisnis atau brand Anda.
Instagram, Facebook dan YouTube adalah 3 pilar social media yang harus Anda kuasai sebagai seorang pebisnis kecil apalagi pebisnis online. Sebagai gambaran, Instagram saat ini memiliki lebih dari 800 juta pengguna di dunia dan 500 juta diantaranya aktif menggunakannya setiap hari. Suatu potential market yang sangat besar. Instagram mampu menampilkan visual produk Anda secara masif dan menjangkau calon customer Anda secara luas.
Kuncinya adalah: Orisinalitas, Konsistensi dan Interaksi. Tampilkan gambaran produk atau jasa secara tulus dan asli (orisinil), konsisten dalam melakukan postingan dalam arti tidak terlalu sering dan terlalu banyak serta tetap selalu menjaga interaksi dengan follower Anda dengan tetap mem-follow, berkomentar dan berhubungan dengan orang-orang yang terhubung dengan brand Anda.
Setelah Anda mulai menguasainya, mulailah dengan berinvestasi kecil dengan melakukan pemasangan iklan berbayar di Facebook Ads atau Instagram Business, untuk mendapatkan target market yang sesuai dengan brand Anda dan cakupan yang lebih luas. Anda hanya memerlukan dedikasi, waktu dan upaya.
2. Ciptakan dan Optimalkan Keberadaan Website Anda
Brand bisnis Anda harus mempunyai website agar dapat dikenal luas dan informasi penting mengenai bisnis Anda mengalir dengan cepat. Situs web yang hebat akan memastikan setiap orang yang pertama kali melihatnya mendapatkan impresi atau kesan yang sangat baik. Berarti juga produk atau layanan Anda harus secara sah memang dibutuhkan, informative dan menarik secara visual.
Anda bisa belajar memulai membuat website sendiri dengan platform WordPress, Blogspot, atau Weebly dan kemudian membeli atau menyewa hostingnya. Atau jika tidak ingin pusing dan repot, Anda bisa menggunakan vendor jasa pembuat situs website yang saat ini banyak tersedia.
Usahakan situs website mendapatkan kunjungan atau traffic pengunjung yang banyak yang ujungnya akan membawa Anda kepada konversi dari penjualan produk atau layanan Anda.
Namun, jika Anda penasaran ingin menguasai cara membuat website sendiri, melakukan updating, maintenance, mendapatkan traffic audience dan menyewa hostingnya sekaligus, Anda bisa menggunakan platform Dewaweb dan cari tutorialnya pada blog mereka.
Hubungkanlah akun social media mengenai bisnis atau brand Anda yang pada point 1 tadi dengan website yang sudah Anda buat dan isilah blog website Anda dengan artikel dan konten-konten menarik yang sesuai dengan produk atau layanan yang Anda jual.
Jika semua sudah terhubung antara akun bisnis social media, website dan konten informative tadi disertai dengan melakukan teknik SEO (Search Engine Optimation), maka akan menghasilkan ledakan traffic pengunjung yang dahsyat yang akan meningkatkan pertumbuhan dan penjualan dari bisnis atau brand Anda.
Baca Juga : 15 Cara Sederhana dan Jitu Menciptakan Traffic Tinggi Bagi Website Anda
3. Berikan Berbagai Macam Bentuk Promosi Memikat
Pelanggan atau calon konsumen selalu menyukai produk atau jasa yang menawarkan promo-promo menarik. Jika brand Anda sering memberikan promomenarik dengan harga murah maka brand Anda akan semakin dikenal luas. Sesuaikan biaya promo tersebut dengan budget Anda atau siasati dengan menyesuaikan harga pokok penjualan.
Promo-promo tersebut bisa berupa : Diskon potongan harga, free ongkos kirim, cashback, flash sale, beli 1 gratis 1, beri gift, mengumpulkan point rewards, voucher belanja, kupon promo, garansi produk, promo liburan, atau harga khusus utk pembelian grosir. Sesuaikan jenis promo-promo tersebut dengan produk atau jasa Anda.
4. Lakukan Kolaborasi (Jejaring) atau Kerjasama Kemitraan
Cara ini sangat efektif untuk bisnis dan brand Anda semakin dikenal luas dan mendapatkan calon pelanggan-pelanggan baru. Menurut saya, jika Anda seorang Solopreneurs sekalipun, Anda tidak bisa memasarkan produk Anda sendirian tanpa berhubungan dengan produk atau brand lain yang terkait.
Jika Anda menjual kopi misalnya, Anda pasti membutuhkan produk turunan lain yang terkait untuk memaksimalkan penjualan kopi Anda seperti supplier roti, snack, bahkan live music, dekorasi interior dan lain sebagainya. Cari tahu turunan dari produk atau jasa Anda dan maksimalkan promosi dengan melakukan kolaborasi atau kerjasama yang saling menguntungkan.
Hellonolan mempunyai bisnis kecil berupa layanan perjalanan bagi traveler asing yang membutuhkan tour guide lokal sekaligus sewa mobil pribadi di Indonesia. Fokus layanan tersebut akhirnya meluas kepada pemberian informasi layanan mengenai rekomendasi hotel, tiket, makanan atau restaurant lokal terbaik dan segala jasa kebutuhan yang terkait dengan traveling itu sendiri yang tercipta dari hasil kolaborasi dengan beberapa rekanan yang ditemui di dalam perjalanan.
Pelanggan baru dan promosi gratis pun diterima dari rekomendasi balik yang diberikan setiap rekanan kemitraan tadi kepada Hellonolan. Selain itu bekerjasama dengan marketplace terkait juga penting, seperti listing di TripAdvisor.com untuk bisnis traveling. Point yang perlu diingat adalah kolaborasi, kerjasasama dan kemitraan yang paling kuat harus dibentuk atau terjadi antara perusahaan yang saling mengerti dan melengkapi.
5. Selalu Hadir dan Layani Pelanggan Secara Nyata
Meskipun banyak cara pemasaran efektif yang dipakai dalam era digital saat ini, namun keberadaan suatu bisnis atau brand di dunia nyata adalah mutlak. Walaupun Anda murni seorang pebisnis online, Anda pasti membutuhkan ruang kerja dan orang yang secara langsung menghandle pertanyaan dari pelanggan yang bertanya mengenai produk atau jasa Anda.
Hubungan interaksi yang terjalin baik antara bisnis secara nyata dan pelanggan akan menghasilkan efek promosi dari mulut ke mulut yang efektif bagi pertumbuhan bisnis Anda.
Pastikan selalu ada seseorang di ujung saluran telepon ketika pelanggan menelepon, hadir pada setiap obrolan online atau chat selama jam kerja, tanggapi email dan selesaikan pesanan langsung dalam beberapa menit serta berpartisipasi dalam acara pameran lokal misalnya akan membuat layanan atau produk Anda semakin dikenal luas.
Ini semua dinamakan layanan kepuasan pelanggan yang hebat. Hal ini memang membutuhkan beberapa sumber daya personel, tetapi potensi hasilnya sangat besar. Ketika orang merasa diperhatikan, mereka bisa menjadi pelanggan setia seumur hidup Anda. Layanan pelanggan terbaik adalah merupakan investasi murah terbaik yang bisa dilakukan.
6. Buat Personal Branding Anda Sendiri
Anda adalah representasi dari bisnis atau brand yang Anda kerjakan. Anda ingin menjadi seorang socialpreneur, teknopreneur, entrepreneur atau apapun namanya, harus Anda tunjukan dan tampilkan di dalam jaringan atau network bisnis Anda. Sebagai seorang pebisnis atau yang ingin memulai bisnis dari passion, pastilah Anda sudah ahli dalam bidang Anda. Tunjukan dan biarkan media atau lingkungan bisnis tahu potensi Anda.
“Aktif di berbagai komunitas bisnis, menulis artikel atau opini pada blog website dan social media atau membuat pelatihan dan seminar Anda sendiri, akan meningkatkan personal branding Anda. Namun perlu diingat bahwa Anda harus memilih topic yang sesuai dengan potensi dan Anda nyaman melakukannya. Lakukan secara kontinue dengan baik dan pasti segera orang lain akan mengenal Anda beserta bisnis Anda”.
Namun, bukan berarti Anda harus melakukan seminar Anda sendiri. Pilih potensi Anda dan hal nyaman yang Anda lakukan untuk bisa dikenal luas. Lalu, bagaimana jika kita seorang Introvert? Tenang, bisa dilakukan dengan cara berkontribusi menulis, aktif di social media, membuat video promosi dan ber-jejaring atau networking didalam sebuah komunitas.
Semuanya itu harus selalu mengutamakan kualitas daripada kuantitas, dan pastikan konten yang Anda masukkan adalah asli dan terasa otentik untuk brand Anda.
Intinya adalah dengan menetapkan diri Anda sebagai otoritas tidak hanya akan menambah kepuasan kerja pribadi tetapi juga dapat membantu memperluas jaringan dan meningkatkan pengaruh profesional serta promosi bisnis Anda.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!
- 10 Latihan Sederhana di Rumah Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Bugar - 18 November 2020
- Cara Merubah Rumah Bagai Resort Liburan Kala #DiRumahAja - 5 November 2020
- 3 Cara Menentukan Sepeda yang Paling Cocok Sebelum Membeli - 31 Oktober 2020