5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi

5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi
Ilustrasi Traveling

Cartless.id– 5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi.   

Pandemi virus corona tidak ada yang mengetahui kapan akan berakhir. Vaksin akan membantu memutus penyebaran dan membentuk kekebalan komunitas nantinya. Namun perlu diketahui oleh traveler dan pihak terkait mengenai hal yang akan mempengaruhi metode perjalanan selama dan setelah pandemi.

Untuk urusan perjalanan, tidak ada yang mengetahui apa yang bakal terjadi setelah proses vaksin dan cara yang tepat bagi setiap traveler dalam melakukan metode perjalanan.

Bisa jadi semua kembali normal seperti sediakala saat badan dunia yang berwenang menetapkan bahwa pandemi telah benar-benar berakhir.

Yang pasti semua ingin melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Apakah itu dalam rangka liburan, tugas, pekerjaan bisnis atau urusan lainnya.

Berdasarkan pengamatan penulis yang juga penikmat traveling,

5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi.

 

1# Asuransi Perjalanan

Sebagai dampak dari pandemi, banyak orang saat ini yang mulai memikirkan secara serius mengenai asuransi perjalanan. Namun tidak tahu harus memulai dari mana dan apa saja yang perlu di-cover serta cocok untuk tipe perjalanan mereka.

Disinilah tugas perusahaan asuransi perjalanan beserta para agennya untuk bagaimana secara jujur memberi edukasi yang baik mengenai produk-produk asuransi perjalanan yang cocok untuk para traveler.

Di sisi lain para traveler harus cermat dan bijak dalam memilih produk apa yang cocok dan baik untuk tipe perjalanan mereka. Indikatornya bisa berupa :

  • apa saja yang di”cover” selama perjalanan,
  • produk apa yang cocok untuk traveler jenis solo/duo traveler, keluarga dengan beberapa anak atau group kecil,
  • harga produk asuransi yang sesuai budget,
  • reputasi perusahaan asuransi
  • kantor perwakilan layanan atau cabang perusahaan asuransi di tempat tujuan
  • sampai kepada layanan ekstra seperti 24 jam pelayanan customer service yang baik, dan
  • penyediaan aplikasi mobile (aplikasi saat ini sangat perlu dan bisa membantu traveler setiap saat jika terjadi suatu permasalahan selama perjalanan).

Dengan kata lain asuransi perjalanan bisa me-minimalisir kerugian akibat resiko-resiko yang mungkin terjadi selama perjalanan di tengah ketidakpastian situasi dan pembatasan wilayah yang suatu saat bisa terjadi di dalam dan luar negeri selama dan setelah pandemi.

 

2# Solotraveling atau Small Group Family

5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi

Metode cara orang melakukan perjalanan ke depan bisa diprediksi sebagian besar akan dilakukan dengan kelompok kecil seperti perjalanan solotraveler, duo atau keluarga kecil. Tingkat kepercayaan diri tinggi, pengawasan dan rasa aman lebih bisa didapat jika bersama orang-orang yang bisa dipercaya dan dalam kelompok kecil.

Sebelum dan setelah traveler divaksin, masih akan membutuhkan beberapa periode waktu untuk melihat efektifitas vaksin pada setiap orang dan kekebalan komunitas yang terjadi di suatu daerah.

Lebih baik melakukan perjalanan dengan beberapa orang yang dipercaya dengan tetap melakukan kebiasaan protokol kesehatan dibanding dengan melakukan perjalanan dalam rombongan yang memerlukan pengawasan lebih rumit dan ketat.

 

3# Destinasi dengan Fasilitas, Atraksi dan Panorama Alam Setempat

5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi

Kemanapun tujuan traveler nantinya ke dalam atau luar negeri kemungkinan akan tidak banyak mengeksplorasi destinasi wisata. To the poin adalah kata kunci yang akan dipakai dalam melakukan perjalanan.

Pergi, tiba, menginap dan eksplore daerah setempat, kemudian kembali ke tempat asal tanpa memiliki dua atau tiga kota lain untuk dikunjungi.

Perjalanan bersifat touring panjang akan berkurang seiring perkembangan keamanan mengenai situasi pandemi yang sudah tertangani dengan lebih baik. Destinasi yang memiliki banyak sumber daya, atraksi wisata dan fasilitas lengkap pada satu tempat kemungkinan akan banyak dituju.

 

4# Roadtrip Model

5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi

Roadtrip sejatinya adalah melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan kendaraan. Model ini akan dipakai oleh traveler jika nantinya berkeinginan untuk mengeksplorasi destinasi wisata sekitar penginapan.

Dengan menggunakan kendaraan sendiri atau sewa dari penginapan dan hotel tempat menginap serta mempunyai pilihan menyetir sendiri atau menggunakan driver guide yang bisa dipercaya ditambah melakukan protokol kesehatan akan memungkinkan perjalanan bersifat dinamis dan bisa menjangkau atraksi setempat dengan aman dan nyaman.

 

5# Reservasi Online & Itinerary yang Sudah Pasti

5 Hal Ini Kemungkinan Akan Mempengaruhi Metode Perjalanan Traveler Selama dan Setelah Pandemi

Segala reservasi dan transaksi yang terjadi selama perjalanan, apakah itu di dalam atau luar negeri semuanya akan dilakukan secara online dan cashless. Traveler tidak ingin dipusingkan dengan berbagai macam urusan administrasi pembayaran hotel, tiket, transportasi, atraksi wisata, makan-minum dan berbelanja.

Selain itu itinerary atau jadwal perjalanan selama liburan sudah harus fix atau pasti untuk dijalankan. Paket wisata atau paket yang sesuai keinginan (customized) yang sudah dikemas rapi bisa menjadi faktor penting.

 

Penutup :

Rasa bebas, aman dan nyaman sangat dibutuhkan dalam melakukan traveling. Ketidakpastian di tengah dan setelah pandemi bukan menjadi hambatan untuk melakukan traveling. Penerimaan diri dan keadaan serta paradigma untuk berani berubah merupakan senjata pokok.

Traveling yang baik adalah berinteraksi dengan semua faktor sekitar seperti alam, sumber daya manusia, atraksi wisata, kearifan lokal, sampai kepada interaksi dengan penduduk setempat. Sehingga traveler mendapat wawasan mengenai hidup dan perjalanan hidupnya sendiri.

Bagaimana mungkin jika dalam melakukan traveling beberapa hal serba dibatasi. Kebebasan yang sesuai aturan adalah kunci menikmati traveling. Jika tidak bisa karena keadaan seperti pandemi misalnya; menyesuaikan dengan keadaan adalah cara terbaik.

Travel is the best teacher”.

Baca juga : Tips Berlibur Sehat dan Aman Saat New Normal

 

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.