45 Ide Bisnis Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Masa Sulit

45 Ide Bisnis Menghasilkan Pendapatan Tambahan di Masa Sulit

” The Secret of Change is to Focus All of Your Energy, Not on Fighting the Old but on Building the New “. – (Socrates).

Cartless.id— Masa-masa sulit sering mendera kita. Seperti masa pandemi covid-19 misalnya yang menimpa seluruh dunia termasuk di Indonesia. Banyak terjadi pengurangan karyawan, working from home dan ancaman resesi. Semua harus berupaya untuk survive dan berusaha mengencangkan ikat pinggang.

Akan lebih baik jika kita tidak fokus pada kesulitan yang ada tetapi lebih fokus pada peluang dan kesempatan yang bisa terjadi dan ada di sekitar kita. Tetapi tentu saja sambil tetap fokus pada protokol kesehatan yang dianjurkan ditengah segala aktifitas kita.

Untuk tetap survive di tengah kesulitan hidup, ada baiknya untuk meningkatkan penghasilan kita. Ide mencari penghasilan tambahan tersebut harus kita realisasikan secepat mungkin sambil terus kita evaluasi.

Berikut saya coba sampaikan sejumlah ide bisnis untuk menghasilkan penghasilan tambahan di masa sulit. Ide-ide ini bisa cepat atau lambat dalam menghasilkan, tergantung dari fokus dan keuletan kita. Disamping itu harus sesuai dengan kondisi, minat atau passion kita agar Anda nyaman dan fokus melakukannya.

Saran saya mari kita simak secara santai sambil seruput kopi + snack Anda. Setuju?! 🙂

 

45 Ide Bisnis Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Masa Sulit

Daftar Isi

 

1. Buka Toko Kelontong & Bergabung dengan Startup Digital

Jika Anda mempunyai sedikit modal, coba membuka toko kelontong kecil-kecilan yang menjual kebutuhan sehari-hari rumah tangga seperti sembako, dll. Bisa dimulai dari rumah dan bergabunglah dengan startup digital untuk mengembangkan usaha kelontong Anda. Mereka akan membantu menyuplai barang-barang jualan Anda dan pengembangannya. Warung Pintar dan Gudang.id mensuplay barang2, Wahyoo mensuply bahan2 dasar makanan. Tokopedia dan Bukalapak juga turut membantu dalam hal ini karena besarnya ceruk pasar yang ada.

2. Jual Food & Beverages Produk Rumahan

Setiap orang membutuhkan makanan dan minuman. Pada masa pandemi, order makanan-minuman sehat jadi semakin banyak. Jika Anda mempunyai hobi atau skill membuat satu atau berbagai jenis makanan-minuman tertentu, itu adalah sebuah peluang. Makanan-minuman rumahan yang sehat dan bersih seperti kue basah, kopi dingin, brownies, juice sehat, dan bahan makanan beku banyak diburu orang.

Kemas produk makanan-minuman Anda semenarik mungkin dan pasarkan melalui akun media sosial Anda. Selanjutnya lakukan komunikasi end-user langsung dengan konsumen melalui Whatsapp Business Anda. Selain itu Sirclo memungkinkan Anda menjual Food & Beverages melalui website dengan template yang sudah disediakan. Tokopedia, Bukalapak dan Shopee misalnyapun sudah membuka marketplace untuk penjualan F&B.

3. Jual Produk di Marketplace & Dropshiper

Punya produk untuk dipasarkan? Bisa berupa produk buatan sendiri atau produk asli dari produsen. Produk sendiri buatan Anda jika bisa memecahkan masalah yang ada pada konsumen pasti akan diburu. Lakukan tes kecil pada lingkungan keluarga, teman atau masyarakat sekitar rumah. Apakah mereka menyukainya dan lakukan perbaikan pada produk jika perlu. Bisa juga produk asli dari suatu produsen yang tidak bermerk atau pengrajin. Anda lakukan perubahan kecil pada bentuk aslinya dan beri merk Anda. Jika sudah Anda bisa menjualnya ke marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll. Bahkan Anda bisa membuka toko online sendiri di marketplace tersebut.

Atau jika Anda tidak mempunyai produk dan tidak ingin dipusingkan dengan masalah pengiriman barang, Anda bisa mencoba menjadi Dropshipper. Dropship adalah ditengah sebagai perantara pemilik barang dan konsumen yang membeli barang. Jika ada pembeli Anda hanya bertugas melayani penjelasan dan si pemilik barang yang mengirimkannya dan Anda mendapat komisi. Menjadi dropshipper bisa dilakukan di marketplace diatas juga.

4. Jasa Kursus Mengemudi Mobil

Anda mempunyai keahlian menyetir mobil dan mempunyai kendaraan yang bisa dipakai? Aset dan keahlian tersebut bisa digunakan untuk memberi jasa pada orang lain yang ingin belajar mengemudi mobil. Apalagi jika Anda bisa membantu pengurusan surat ijin mengemudi-nya (SIM), merupakan satu paket yang menjanjikan. Anda bisa memasarkan jasa Anda melalui teman, keluarga, atau sosial media.

5. Kembangkan Hobi Unik Anda

Anda pasti punya hobi. Hobi bisa dilakukan berjam-jam tanpa kenal lelah. Hobi Andapun bisa diubah menjadi penghasilan. Contoh seperti gemar bersepeda, melukis, photography, utak-atik benda elektronik, memancing, atau bermain dengan hewan peliharaan. Lakukan branding pada sosial media Anda bisa bermanfaat, dimana Anda menunjukkan kalau Anda expert atau ahli dalam melakukan suatu hobi Anda. Sampaikan pada audience bahwa Anda bisa memberi jasa yang menyangkut hobi expert Anda tadi, seperti service alat elektronik, memperbaiki sepeda, atau membuka toko alat pancing dan toko lukisan misalnya. Anda senang melakukan hobi Anda dan dibayar pula. Menarik bukan?

6. Eksplore Daerah Produksi atau Market Suplier di kota Anda

Berjalan-jalanlah ke suatu daerah yang menghasilkan atau sebagai pasar utama dari suatu produk atau jasa tertentu. Eksplore dan sesuaikan dengan minat Anda. Pasar Asemka di daerah Kota, Jakarta Barat terkenal dengan pensuply barang2 mainan anak, beragam asesoris pria-wanita, atk, bahkan kosmetik dengan harga murah. Daerah Cibaduyut-Bandung terkenal dengan produsen sepatu. Garut dengan daerah pengrajin jaket, tas dan ikat pinggang kulit. Pasar Tanah Abang, Jakarta terkenal dengan market fashion termurah dan terbesar di Indonesia. Pasar Senen Lama, Jakarta terkenal dengan market tas pria-wanita dengan harga murah dan kualitas bagus. Jelajahi mana yang sesuai dengan minat Anda. Tes beli sedikit dan gunakan brand Anda sendiri. Lalu jual kembali melalui sosmed atau marketplace. Cukup simpel tapi Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

7. Jual Barang Bekas Tidak Terpakai

Perhatikan lingkungan sekitar rumah Anda. Pasti ada barang bekas yang sudah tidak terpakai. Bisa berupa baju yang kekecilan, tas yang hanya tergantung, sepatu tak sesuai warna, sepeda yang tak terpakai, buku kuliah yang hanya teronggok di lemari dan masih banyak lagi. Kuncinya benda tersebut harus dalam kondisi baik dan bisa digunakan. Lakukan perbaikan seperlunya jika diperlukan. Anda bisa menjualnya kembali di Carousel atau OLX.

8. Pengantar Barang Kiriman

Bisnis online yang pesat membuat jasa pengiriman barang meningkat significan juga. Dengan modal kecil atau tanpa modal sekalipun, Anda bisa memberikan jasa pengantar barang kiriman jual-beli online. Lala Move atau Paxel memberikan ke-flexible-an waktu pada Anda untuk memilih jam atau waktu yang ingin Anda gunakan untuk mengantar barang. Atau Lion Parcel memberikan kemudahan modal murah sekitar Rp.500 ribu untuk Anda membuka jasa logistik Anda sendiri di rumah.

9. Driver Penumpang & Makanan

Gunakan kendaraan dan waktu luang Anda untuk melakukan pengantaran penumpang, makanan atau barang. Caranya cukup mudah. Daftar terlebih dahulu melalui aplikasi Gojek atau Grab dan Anda sudah bisa langsung mendapatkan penghasilan tambahan. Berikan pelayanan yang memuaskan disela-sela tugas utama Anda.

10. Pemandu Turis (Local Guide)

Anda pasti menyukai kota tempat tinggal Anda apalagi jika mempunyai tempat-tempat yang indah untuk dikunjungi. Namun walaupun tidak ada tempat yang indah, tapi jika Anda menyukai traveling dan sangat tahu bagaimana menikmati suasana kota tempat Anda tinggal, hal tersebut layak dijual dan pasti ingin dinikmati oleh orang lain juga. Ya, inilah yang dinamakan menjual “experience” dalam dunia pariwisata atau traveling.

Pasang foto-foto aktifitas menarik Anda di Instagram sedang menikmati suasana kota atau mengunjungi destinasi yang indah. Sampaikan bahwa Anda bisa membantu memandu orang-orang untuk menikmati apa yang sedang Anda nikmati. Lebih bagus lagi jika Anda menguasai sedikit conversation bahasa Inggris dan mempunyai website sederhana atau Landing Page mengenai portofolio perjalanan Anda. Market Anda bisa lebih luas, bukan hanya pasar domestik tetapi turis luar yang ingin datang menikmati Indonesia. Pandu turis dengan menggunakan motor, mobil sewa, mobil sendiri atau dengan kendaraan umum. Berikan harga jasa layanan harian Anda atau harga paket tour yang ditawarkan. Anda bisa listing gratis jasa Anda di situs TripAdvisor atau Withlocals untuk sasar market dari luar yang ingin ke Indonesia. Untuk menyasar konsumen dalam negeri, listing experience di Traveloka bisa menjadi pilihan. Gunakan juga sosial media Instagram untuk berpromosi. Untuk lebih aman dan produktif di era pandemi, siapkan protokol kesehatan yang ketat bagi diri Anda dan konsumen.

11. Social Media Manager

Anda aktif dan sering beraktifitas di sosial media saat ini?. Rata-rata orang pernah posting status, mempunyai akun pribadi di berbagai sosmed seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp. Atau bahkan lihai dalam berbelanja online dan memberi ulasan di marketplace. Aktifitas atau kebiasaan Anda itu bisa jika dimanfaatkan untuk meningkatkan atau mendapatkan penghasilan. Menjadi seorang Social Media Manager bisa menjadi pilihannya. Pada era Digital Marketing saat ini, setiap bisnis besar atau kecil memerlukan social media untuk lebih mendekatkan produk atau jasa mereka kepada para konsumen. Namun para pebisnis atau owner tersebut mungkin saja tidak mempunyai waktu atau kurang familiar dalam menggunakan social media. Mengapa bukan Anda saja yang menawarkan untuk mengurusi promosi produk atau jasa mereka di social media, sementara sang business owner bisa mengurusi hal yang lain.

12. Sewakan Ruang Tak Terpakai

Lihat sekeliling Anda seperti rumah sendiri, aset milik yang terbengkalai atau kerjasama dengan teman/keluarga yang mempunyai aset properti tidak terpakai. Apakah ada ruang kosong seperti kamar, rumah, unit apartemen atau lahan yang tidak terpakai? Mengapa tidak disewakan saja dan Anda mendapatkan cash. Travelio membantu menyewakan unit apartemen atau rumah Anda yang kosong. AirBnB pun demikian untuk sasaran traveler yang berkunjung ke Indonesia. Untuk lahan kosong, ubah saja menjadi co-working space dilengkapi jaringan internet yang berguna bagi milenial yang ingin bekerja dengan team tanpa sewa ruang kantor yang mahal.

13. Jual Skill/Keahlian Freelance

Skill setiap orang berbeda-beda dan satu sama lain saling membutuhkan. Jadi menjadi seorang freelancer tidak akan pernah kehilangan permintaan. Pertimbangkan untuk menawarkan jasa keahlian Anda secara freelance. Semakin banyak portofolio pekerjaan Anda, semakin luas Anda dikenal yang berarti nilai pekerjaan Anda semakin mahal. Freelancer, Sribulancer atau Fastwork bisa menjadi tempat Anda menawarkan skill dan kemampuan.

14.  Buka Bengkel Reparasi Sederhana

Punya kemampuan memperbaiki sesuatu? Jadikan saja bisnis sederhana Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Waktu kerja bisa Anda atur sesuai keinginan, sangat flexible. Bisa berawal dari kesukaan Anda memperbaiki atau mengutak-atik sesuatu seperti motor, mobil, atau barang elektronik: TV, radio, AC, kipas angin, kompor gas, lemari es. Buka workshop sendiri, bisa dirumah, garasi, atau sewa tempat.

15. Jual Jasa di Marketplace

Setiap orang mempunyai kemampuan dibidangnya masing-masing. Ada yang ahli dalam buat aplikasi, website, fotografi, menulis, design grafis bahkan mengemudi sekalipun alias supir. Jika dirasa tidak punyapun, asalkan mau berusaha untuk belajar pasti akan mendapatkan jalan. Saat ini banyak tutorial-tutorial di YouTube dan Internet tentang membuat atau mempelajari sesuatu. Jika dirasa sudah cukup mahir akan bidang Anda, tawarkan jasa Anda di marketplace terbaik menjual jasa untuk mendapatkan penghasilan seperti OLX, Moselo, Tokopedia dan Bukalapak.

16. Jual Kerajinan Tangan Lokal (Handycrafts)

Jika Anda hobi merangkai, mendesign atau melukis sesuatu, berarti Anda mempunyai jiwa seni untuk membuat kerajinan tangan sendiri untuk diperdagangkan. Saya mempunyai teman yang sangat menikmati membuat kata-kata motivasi atau gambar yang diprint dalam sebuah bingkai kayu. Brand-nya bernama Borton Craft. Design-nya pun bisa di-custom sesuai permintaan kita dan dalam beberapa hari wood-craft tersebut sudah jadi. Selain bingkai kayu tadi, banyak lagi kerajinan tangan lain yang bisa dibuat seperti bunga rangkai, lukisan, box cabinet, dll. Sesuaikan dengan minat dan keahlian Anda, lalu pasarkan melalui website, sosial media, atau di marketplace kerajinan tangan seperti: Kuka dan Webe Mall.

17. Jual Bibit Tanaman & Perlengkapannya

Bagi yang hobi berkebun, menjual bibit tanaman bisa menjadi alternatif pilihan mendapatkan penghasilan. Di tengah pandemi covid19, banyak orang melakukan hidroponik yaitu budidaya tanaman dilahan sempit dengan lebih memanfaatkan air daripada tanah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Ada yang menanam sayur-sayuran atau tanaman hias dengan medianya berupa pipa plastik, tabung kecil sampai asbes. Jika Anda berminat bisa dicoba dengan menanam sesuai tanaman keinginan Anda, jual bibitnya ataupun setelah tanaman menjadi besar. Produk turunan atau perlengkapannya pun bisa Anda jual berupa pipa plastik, tabung atau pupuk khusus hidroponik.

18. Jual Bunga atau Tanaman Hias

Senang keindahan atau sesuatu yang bisa dikatakan dan disampaikan dengan bunga? Dengan menanam dan merangkainya membuat Anda tidak mengenal lelah?, maka mengapa tidak Anda kembangkan saja hobi tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Walaupun tidak memiliki sumber daya tanamannya, Anda bisa mencari petani atau suplier bunga hias untuk Anda rangkai sendiri sesuai keinginan dan beri merk Anda. FlowerAdvisor membantu memasarkan produk Anda tersebut ke seluruh dunia dengan menjadi affiliate/agen mereka.

19. Beternak Ikan Lele

Siapa tidak mengenal ikan lele? Ikan berkumis ini banyak digemari di Indonesia. Rasanya yang gurih serta mengandung banyak nutrisi merupakan suatu daya tarik dan demandnya pun cukup tinggi. Jika berminat peluang bisnis satu ini, Anda bisa mencoba untuk beternak atau membudidayakan ikan lele. Lahan yang dibutuhkanpun tidak terlalu besar dan bisa menangkarnya dalam sebuah terpal. SangkutiFarm di daerah Bogor bisa membantu Anda memulai untuk cara beternak lele yang benar dan menyediakan produk-produk pelengkapnya.

20. Buka Kursus Online Bahasa Asing & Penterjemah

Apakah Anda menguasai satu atau dua buah bahasa asing? Misalnya bahasa Inggris, Mandarin atau Jepang?. Ketiga bahasa asing tersebut adalah jenis bahasa yang sering dipakai dalam dunia bisnis. Bahasa Jerman dan Perancis mungkin bisa menjadi alternatif pilihan karena banyak juga orang yang ingin bisa menguasainya untuk kepentingan bisnis, pekerjaan atau pergaulan. Tekankan bagaimana cara cepat menguasai conversation-nya tanpa banyak menghapalkan grammar atau tata bahasanya dan bahwa Anda bisa jadi penterjemah secara langsung ataupun tertulis. Orang ingin cepat berbicara serta mengerti dalam bahasa yang ingin dikuasainya agar bisa cepat digunakan demi kepentingannya. Mulai promosikan terlebih dahulu skill Anda ini lewat media sosial dan sampaikan bahwa Anda bisa mengajarkannya secara virtual via webinar, zoom atau google meet dan juga bisa menjadi penterjemah.

21. Membuka Food Truck

Bisnis makanan dan minuman sehat selalu dicari orang. Apalagi jika Anda bisa leluasa menjalankannya secara mobile alias berpindah-pindah dengan menggunakan mobil van atau model food truck. Rahasia terpenting disini adalah pemilihan lokasi dan jenis masakan-minuman yang dijual. Bila Anda mendapat tempat bagus di sekitar perkantoran, sasaran Anda adalah para karyawan yang mencari sarapan pagi atau makan siang. Atau bisa juga Anda menentukan niche masakan jualan Anda sendiri terlebih dahulu seperti brownies atau ice cream dan kemudian cari lokasi berjualan yang tepat seperti dekat dengan lingkungan perumahan atau komplek sekolah. Jika network Anda luas dan brand food truck Anda sudah dikenal disuatu daerah, bukan tidak mungkin Food Truck Anda akan dikontrak oleh pihak ketiga untuk suatu jangka waktu tertentu guna memenuhi sebuah event atau gathering.

Saya pernah mengikuti suatu event launching pembangunan cluster baru sebuah perumahan dan melihat ada sebuah brand food truck unik menggunakan van VW combie yang menyediakan kopi, ice cream dan waffel. Pada kartu nama yang disediakan, food truck ini hanya berpromosi menggunakan Instagram dan nomor Whatsapp. Saya mencari informasi dan ternyata food truck tersebut telah di-hire oleh pengembang pembuat acara, khusus untuk menyediakan free lunch bagi para peserta event.

22. Penulis Artikel & Content Maker

Dengan semakin berkembangnya dunia digital marketing, semakin banyak pula orang-orang atau bisnis yang membutuhkan content di internet. Content bisa berupa: artikel, video, gambar, design, infografik, dll. Untuk meraih traffic tinggi pada sebuah website tidak terlepas dari jumlah content yang kontinue dan berkualitas. Jika Anda mempunyai keahlian dalam menulis, gunakan saja untuk menawarkan hasil tulisan lepas Anda dalam bentuk artikel kepada blogger, pemilik website (blog) atau ke situs seperti Sribulancer, Freelancer atau Upwork. Lebih bagus lagi jika ditambah dengan kemampuan design gambar dan editing video. Jasa kreatif Anda pasti akan banyak dilirik banyak orang. Kuncinya portofolio baik, orisinalitas, dan inovatif. Jangan lupa gunakan sosial media, networking dan lakukan branding diri untuk berpromosi.

23. Mengajar Instrumen Musik

Apakah Anda ahli atau setidaknya menguasai instrumen alat musik seperti keyboard, piano, gitar, drum, saxophone, atau vocal? Gunakan hobi dan keahlian Anda itu untuk diajarkan kepada orang lain dengan membuka kursus salah satu instrumen musik tadi. Saat ini sudah banyak kursus dilakukan secara virtual atau online dengan menggunakan zoom, google meet atau skype. Tawarkan jasa Anda kepada lingkungan terdekat lebih dahulu, kerjasama dengan sekolah dan membuka di rumah. Lakukan promosi via Whatsapp, sosmed dan situs freelance.

24. Jadi Blogger

Blogger adalah seseorang atau tim yang mengelola suatu blog atau website berisi artikel yang sesuai dengan niche/minat sendiri guna mendapatkan penghasilan dari blog yang dikelolanya. Syaratnya hanya dua: Anda harus bisa menulis dan tekun konsisten! Potensi penghasilan (monetisasi) yang bisa didapat adalah misalnya dari: Klik Iklan (google adsense dan iklan yang dibayar), Affiliate Marketing, Jual Produk/Jasa Sendiri (bisa toko online sendiri yang dipasang atau banner produk/jasa sendiri), Artikel Sponsorship, Content Berbayar, Jual Produk Digital (ebook & podcast), dan lain-lain. Start awal Anda harus membuat blog website, mengisinya dengan artikel bermutu sesuai niche dan algoritma google, mendatangkan traffic sebanyak mungkin, networking dengan audience dan sesama blogger, monetisasi blog dengan membuka space iklan yang diatas tadi. Untuk pandual awal menjadi blogger yang baik Anda bisa browsing di internet, mana panduan yang sesuai minat dan kenyamanan Anda.

25. Affiliate Marketing

Salah satu model bisnis yang populer di dunia internet adalah Affiliate Marketing. Definisinya kurang lebih adalah “Sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa dari merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya. Anda bisa bergabung menjadi affiliate sebuah produk atau jasa dan menawarkannya pada orang lain untuk kemudian mendapatkan komisi sesuai perjanjian dari hasil penjualan produk atau jasa tadi. Bisnis affiliate banyak digunakan oleh blogger atau seorang influencer.

Untuk tahap permulaan, Anda bisa memulai dengan membuat blog website atau akun sosmed terlebih dahulu. Tingkatkan traffic pengunjung dan lakukan branding diri semenarik mungkin. Jika audience yang mengunjungi Anda membeli produk atau jasa affiliate yang Anda tawarkan di blog atau sosmed tadi, maka Anda mendapatkan komisi sesuai kesepakatan dengan merchant Anda.

26. Mengajar lewat Tutorial

Di era digital orang bisa bekerja dari mana saja dan melakukan bisnis apa saja. Orang yang berpindah-pindah area dalam bekerja dan menggunakan internet disebut “digital nomaden“. Kebanyakan mereka mendapatkan penghasilan dari skill atau keahlian yang dimiliki dan diajarkan pada orang lain yang membutuhkan via tutorial-tutorial yang diberikan. Sarananya bisa melalui zoom, google meet atau skype. Misalnya seorang travelpreneur bisa mengajarkan memberi tips mengenai cara hemat melakukan traveling atau seorang mekanik yang ahli dalam merakit sebuah mesin. Mereka memberikan tutorialnya dengan model free dan berbayar.

27. Kerja Part-Time

Kerja part-time adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di luar waktu pekerjaan utama Anda, settinglah waktu khusus untuk melakukan part-time dengan orang lain. Bekerja secara sederhana pada bengkel motor, mobil, sepeda, toko atau bahkan menjadi assistant virtual di tengah waktu luang Anda sehari-hari bisa menjadi pilihan.

28. Membuat Kursus Online (Virtual)

Masa sulit seperti pandemi covid19 bukan menjadi halangan seseorang untuk berhenti mendapatkan penghasilan. Jika sebelumnya Anda melakukan pekerjaan mengajar suatu keahlian dengan tatap muka, maka segeralah ubah dengan melakukan secara virtual. Kursus yoga, musik, fitnes atau personal trainer yang lain bisa dilakukan dengan cara virtual dengan menggunakan zoom atau virtual di website sendiri. Atau kursus lain yang belum terpikirkan tapi dibutuhkan oleh orang, lakukanlah dengan cara virtual. Jika pandemi berakhirpun Anda sudah punya modal untuk melakukannya secara online. Situs Udemy juga bisa memfasilitasi Anda membuka kursus secara online.

29. Jual eBook atau Podcast

Dahulu menerbitkan sebuah buku sungguh sangat rumit. Harus melalui seleksi ketat di sebuah penerbitan. Saat ini semua orang bisa menerbitkan buku dalam bentuk e-book (file pdf.) Yang harus benar-benar diperhatikan adalah sang penulis adalah memang ahlinya dan sangat kredibel di bidangnya. Jika Anda rasa mumpuni dalam suatu bidang, Anda bisa menulis e-book Anda dan mendapatkan penghasilan. Penting untuk mengetahui benar topik/niche tulisan Anda, target audience, dan dimana sarana menjualnya. Rules ini berlaku juga untuk podcast. Hanya podcast adalah dalam bentuk seperti file rekaman suara audio digital dimana Anda seperti membacakan buku pada orang lain. e-Book bisa dijual lewat website sendiri atau di situs seperti Payhip, Amazon Kindle, Blurb dan Gotraining. Untuk Podcast bisa dibuat secara gratis di Anchor.fm, Google Podcast atau Spotify.

30. Jasa Editing Video

Anda hobi membuat video dan meng-editnya menjadi lebih bagus? Kembangkan dan terus belajarlah. Keahlian ini banyak dicari orang dan merupakan peluang. Hasilkan video portofolio Anda secara sederhana dan tingkatkan hasil editingnya. Lalu sambil menyelam minum air :), promosikan lewat channel YouTube, medsos atau network Anda. Namun harus diingat video harus orisinil dan tidak menimbulkan sara atau persepsi negatif bagi orang lain. Sampaikan bahwa Anda membuka jasa editing video dan siapa tahu channel YouTube Anda tadi disukai banyak orang. Saat ini banyak aplikasi editing video gratis dan berbayar seperti kinemaster, videoshow, filmora, dan masih banyak lagi yang bisa digunakan.

31. Juru Masak Pribadi (Personal Chef)

Di era serba cepat ini banyak orang yang tidak punya waktu untuk memasak makanannya sendiri. Apalagi buat para profesional kantoran, wanita karir dan keluarga sibuk. Hal ini merupakan peluang bagi Anda yang mempunyai keahlian dan gemar dalam memasak. Tawarkan jasa Anda sebagai “personal profesional chef” dengan foto-foto contoh masakan dan kegiatan Anda di dapur masak. Bisa melalui akun sosial media, website sendiri atau di marketplace seperti Kulina.id atau Olx. Terpenting target market Anda harus jelas dan tepat.

32. Jasa Cuci Mobil+Motor+Asesories

Peluang usaha yang satu ini tidak usah lagi untuk dijelaskan karena Anda pasti sudah mengetahuinya. Ya, jumlah kendaraan bermotor yang begitu banyak adalah potensi. Lokasi usaha juga cukup berpengaruh, seperti di tempat strategis atau cukup dirumah dahulu. Tambahkan potensi penghasilan dengan menjual asesories kendaraan.

33. Jasa Babysitter, Penitipan Anak & Menyewakan Kebutuhan Ibu-Anak

Jasa yang satu ini memerlukan keahlian khusus bagi orang-orang yang melakukannya. Kesabaran dan ketulusan adalah modal penting. Kepercayaan juga adalah harga mutlak yang harus dijaga. Melayani dengan hati sudah tidak bisa ditawar-tawar karena yang dijaga adalah anak yang dititipkan oleh orangtuanya. Selain itu Anda harus mempunyai fasilitas yang sehat serta nyaman. Kalaupun Anda memberikan pelayanan keluar pastikan Anda mampu menjaga kepercayaan yang diberikan. Namun jika Anda mempunyai hati dan kemampuan seperti itu mengapa tidak. Anda juga bisa menyewakan barang-barang kebutuhan Ibu dan Anak untuk konsumen. Selain pada konsumen sendiri, Gigel.id juga bisa menjadi referensi bagi Anda.

34. Tenaga Pembersih Rumah

Sejak ditutupnya layanan Go-Clean oleh Gojek pada awal 2020, kemungkinan kebutuhan akan tenaga pembersih rumah kurang terpenuhi. Walaupun masih dalam era pandemi covid, tetap saja dibutuhkan tenaga pembersih untuk membersihkan dan merawat rumah yang kosong, villa yang tidak ditinggali, kamar apartemen yang tidak terawat atau mungkin ruko dan ruang usaha yang ditinggali pemiliknya karena tutup sementara. Peluang ini bisa Anda isi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun Anda harus menyampaikan bahwa Anda menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk melakukan itu agar konsumen semakin yakin. Tawarkan via brosur atau network.

35. Jasa Renovasi & Perbaikan Urusan Rumah Tangga

Banyak urusan rumah tangga yang memerlukan perbaikan. Rata-rata sang pemilik rumah sibuk dan malas melakukannya. Contohnya seperti: perbaikan bakledeng, memotong rumput, perbaikan atap, dinding dan pengecatan rumah serta masih banyak lagi. Sebarkan brosur atau pamflet di komplek perumahan bahwa Anda menawarkan jasa tersebut dan bisa memberikan harga terbaik. Beri pelayanan memuaskan yang akan membuat konsumen percaya dan terus menggunakan jasa Anda.

36. Jasa Perawatan & Penitipan Hewan Peliharaan

Banyak orang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Kadangkala mereka berani membayar mahal untuk perawatan dan pemeliharaan hewan kesayangan mereka. Jika Anda menyukai hewan peliharaan, peluang ini cukup menjanjikan. Riset pasar terlebih dahulu, di daerah perumahan mana banyak warga yang memelihara hewan peliharaan dan lebih bagus bila belum ada kompetitor di sana. Anda bisa membuka sendiri atau bekerjasama dengan dokter hewan. Sediakan ruang untuk penitipan dan jual juga kebutuhan makanan dan kesehatan beserta pernak-pernik hewan peliharaan. Jelaskan apa saja jasa yang bisa ditawarkan. Contohnya seperti: grooming, mandi sehat, penitipan (rawat inap), asesories perlengkapan, kebutuhan makanan atau dilengkapi dengan klinik dokter hewan. Anda bisa memulai lingkup kecil dari rumah dengan pelayanan sederhana dan menyebarkan brosur atau sosmed.

37.  Buka Garage Sale

Menjual barang-barang bisa dimulai dari rumah. Garage Sale bisa jadi metodenya dimana memanfaatkan halaman, space kosong atau garasi rumah. Barang yang dijualpun bisa beragam mulai dari fashion, barang-barang second, elektronik, sepeda, mainan anak, dll. Sebarkan brosur dengan alamat lengkap ditambah discount harga dan plang/spanduk/neon sign sederhana di dan menuju lokasi rumah Anda. Promosikan juga melalui media sosial.

38. Jasa Pembelanja Pribadi (Personal Shopper)

Jasa ini belum banyak digeluti dan belum banyak di kenal di Indonesia, namun ada yang melakukannya. Memang, bisnis yang satu ini memerlukan kepercayaan tinggi dan relasi yang luas. Biasanya dari orang yang melakukan pekerjaan ini, setidaknya dia pernah bekerja di pusat perbelanjaan dan mengenal ibu-ibu pejabat atau selebrities karena produk yang dibeli adalah fashion. Namun menurut saya jasa ini merupakan peluang yang sangat bagus karena yang melakukan tidak banyak dan orang lebih sering berbelanja online. Berbelanja online kadang mempunyai kelemahan dimana barang yang didapat belum tentu sesuai dengan keinginan konsumen, contohnya fashion tadi. Nah, disinilah peran seorang personal shopper dimana instuisi dan kepercayaannya dihargai oleh konsumen. Sekali lagi branding diri perlu dan bisa saja jasa pelayanan bisa meluas sampai ke belanja kebutuhan rumah tangga dan konsumsi di supermarket.

39. Menjual Jasa Teknikal

Tidak banyak orang yang menguasai skill yang spesifik. Semakin spesifik, semakin mahal harga jasa orang tersebut. Saat pandemi covid terjadi, banyak tenaga ahli yang dirumahkan bahkan di PHK. Contoh: penterjemah bahasa Perancis, mekanik mobil built-up, ahli akuntansi, ahli manajemen keuangan, arsitektur landscape dan masih banyak lagi. Pada tahap awal buka konsultasi sederhana secara mandiri dan sampaikan jenis-jenis jasa layanan Anda. Media promosi bisa melalui sosial media, website sendiri, atau marketplace seperti Freelancer dan Upwork.

40.  Jasa Digital Marketing

Jasa Digital Marketing adalah jasa yang dibutuhkan setiap bisnis di era industri 4.0. Ilmu marketing berkembang secara pesat melalui internet melalui cara-cara seperti Branding, Web Development, Periklanan Online (FBads, Google Ads, InstagramAds), Email Marketing, SEO (Search Engine Optimation), dll. Setiap orang yang ahli dalam ilmu digital marketing, awalnya juga pasti dimulai dari nol dan melalui proses belajar. Begitupun dengan Anda yang ingin menggeluti jasa ini, cari tempat belajar terbaik dan kuasai ilmunya. Contoh tempat belajar seperti di AsianBrain atau BabaStudio. Setelah itu Anda bisa membuka jasa digital marketing sendiri atau bersama tim.

41.  Survey Berbayar Online

Tahukah Anda bahwa dengan mengisi survey saja, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan. Begitu banyaknya bisnis yang memerlukan data orisinil dari konsumen lepas, mengakibatkan banyaknya bermunculan bisnis survey berbayar online. Anda bisa mendaftar pada situs-situs yang mengelola survey berbayar online dan pilih secara bijaksana serta cermati secara lebih dalam lembaga survey tersebut. Modal yang digunakan bisa berupa laptop atau smartphone dan mempunyai rekening paypal dalam mata uang dollar. Biasanya ada minimal poin yang perlu dicapai untuk terjadi pembayaran. Situs yang mengelola seperti: SurveyOn, Panel Place, YouGovIndonesia,  OpinionWorld, Global Test Market, iPanel, Clixsense, Mobrog atau ViewFruit.

42. Menjadi YouTuber

Profesi YouTuber tidak pernah terpikirkan akan dilirik orang di 5-10 tahun ke belakang. Namun lihat sekarang, orang berlomba-lomba mengupload videonya di YouTube demi untuk mendapatkan view dan subscriber terbanyak untuk mendapatkan slot iklan bernilai ratusan juta bahkan milyar. Kuncinya jangan terlalu terobsesi untuk menjadi youtuber terkenal, cukup jalani dengan santai dan upload video yang bermanfaat bagi orang banyak serta video harus orisinil. Lebih bagus lagi jika video yang diupload telah terlebih dahulu dilakukan editing semenarik mungkin untuk meningkatkan viewer. Buat akun channel YouTube Anda dan hasilkan video yang sesuai dengan minat/niche.

43. Jual Produk/Jasa secara Otomatic Marketing

Ide mendapatkan penghasilan tambahan ini cukup rumit namun bisa dipelajari. Metodenya dengan menggunakan ClickFunnel dan Email Marketing. Tentukan terlebih dahulu produk atau jasa yang ingin Anda jual dan hasilkan kolam pembeli yang berisi orang-orang yang mempunyai minat pada produk/jasa Anda lewat tools diatas tadi. Jika sudah banyak potensi buyer terkumpul, maka pembelian atau closing hanya tinggal menunggu waktu saja. Russel Brunson adalah founder dari ClickFunnel dan Berto Saksono Djati (SB1M) adalah salah satu pebisnis online lokal yang berhasil menerapkan metode ini untuk komunitas bisnisnya.

44.  Menjadi Aktor atau Figuran

Untuk mencoba mendapatkan penghasilan besar atau merubah nasib diperlukan kerja keras dan cara-cara yang luar biasa. Cara-cara “Out of the box” kadangkala diperlukan. Anda pasti berpikir untuk menjadi seorang aktor atau figuran harus bertampang tampan atau cantik. Namun nasib kadangkala membawa kita kepada hasil yang diluar dugaan sama sekali. Jika Anda mempunyai keberanian, Anda bisa mencoba menjajal peruntungan dengan menjadi seorang aktor atau figuran film/sinetron. Kita tidak akan pernah tahu jika kita tidak pernah mencoba. Susun portofolio pribadi Anda dalam sebuah resume singkat, hasil2 apa saja yang pernah dicapai, minat yang ditekuni dan faktor lain yang mendukung untuk menjadi seorang pekerja film. Sampaikan lamaran dan resume ke managemen entertainment seperti: 8Mgt, Xema Management, 21mm Mgt, Platinum Indonesia, dll. Ikuti audisi jika mendapat panggilan. Jika belum berhasil yang terpenting Anda sudah mencoba.

45. Potong Biaya Pribadi yang Tidak Perlu

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang pasti adalah dengan memotong biaya-biaya rutin yang tidak perlu setiap bulan. Evaluasi ulang pengeluaran Anda dan potong biaya-biaya seperti makan-minum di restauran, minum kopi di cafe, member gym yang jarang digunakan, merokok, melunasi cicilan yang tidak urgent, melunasi kartu kredit dan biaya2 lain yang tidak perlu. Anda bukan tidak boleh menikmati itu semua, namun sesuaikan dengan kebutuhan dan bukan dengan keinginan. Dengan memotong budget pribadi yang tidak perlu berarti Anda mendapatkan cash untuk menambah penghasilan Anda.

Demikian, semoga menginspirasi dan bermanfaat!

Baca juga : Tips & Cara Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dan Bertahan Lama!

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

2 thoughts on “45 Ide Bisnis Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Masa Sulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *