4 Pantangan Utama dalam Berbisnis Online
Cartless.id- Ingin punya penghasilan dari berdagang yang tidak ribet? Mengapa tidak memilih bisnis online. Berbisnis online tidak membutuhkan pegawai dalam jumlah besar dan pastinya menghemat biaya operasional. Tidak memerlukan izin khusus dan bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Namun ada beberapa pantangan utama dalam berbisnis online yang harus diperhatikan.
Mudahnya Merintis Bisnis Online
Bisnis online tidak memerlukan bangunan toko dan etalase. Cukup dengan mengatur etalase maya yang eye catching. Etalase toko onlinenya pun bisa memanfaatkan media sosial facebook atau instagram. Namun agar lebih kredibel lagi bisa menggunakan website toko online sendiri.
Bagi pebisnis yang punya modal cukup besar ia bisa membuat website sendiri atau menyewa situs untuk membuat toko online. Tekun dalam berpromosi dan pandai menemukan produk yang bisa dijual dengan cepat secara online merupakan salah satu cara cepat menghasilkan uang dari bisnis online.
Pantangan dalam Berbisnis Online
Merintis bisnis online memang mudah. Namun menjaganya agar tetap konsisten dan berumur panjang perlu trik khusus. Ada hal-hal yang sepatutnya dihindari atau merupakan pantangan ketika menjalankan bisnis online.
Berikut yang paling utama yaitu :
4 Pantangan Utama dalam Berbisnis Online
1. Menjual Barang Palsu
Jangan pernah sekali-sekali menjual barang palsu atau hasil bajakan. Tindakan ini melanggar hukum dan merugikan konsumen. Sekali ketahuan menjual barang palsu maka masalah demi masalah akan terus menghampiri. Berbisnis adalah masalah kepercayaan. Sekali lancung di ujian maka seumur hidup orang tak akan percaya. Begitupun dengan brand dan bisnis Anda ke depan. Jagalah itu dengan menjual barang yang original.
2. Menjelekkan Produk Kompetitor
Bersainglah secara sehat. Hindari menjatuhkan nama produk kompetitor dengan cara apapun juga. Alih-alih menarik perhatian konsumen untuk membeli produknya malah perbuatan tak terpuji menimbulkan rasa tak nyaman di mata konsumen dan menjadikan mereka tak respek.
Justru sebaliknya peliharalah semangat kolaborasi diantara sesama pebisnis dan itu akan menguntungkan diantara kedua belah pihak.
3. Janji Palsu
Jika stok produk memang sedang kosong jangan pernah menjanjikan konsumen untuk segera mendapatkan barangnya. Katakan terus terang bahwa stok sedang kosong. Tawarkan produk atau warna barang lain yang mungkin sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Tawarkan pemecahan masalah melalui produk Anda yang lain. Lebih baik melakukan cross-selling daripada memberi harapan dan janji palsu kepada pelanggan atau calon konsumen.
4. Bersikap Tak Ramah
Meski transaksi dilakukan secara online dan pembeli serta penjual tidak bertemu muka secara langsung janganlah menyepelekan keramahan. Hindari menjawab pertanyaan konsumen dengan bahasa ketus. Pergunakan kata-kata yang sopan dan emotikon ramah. Meski tidak melihat raut muka kita bisa membaca perilaku dari kata-kata dan bahasa yang digunakan dalam berkoresponden.
Kepuasan dan kenyamanan pelanggan adalah faktor utama dan itu semua akan semakin meningkatkan reputasi Anda.
Reputasi adalah kunci kesuksesan. Anda harus loyal terhadap pelanggan Anda. – Li Ka Sing
Semoga bisa membantu dan salam sukses!
Baca Juga :
- 10+ Ide Bisnis Kecil Cocok di Masa Pandemi 2020-2021
- 45 Ide Bisnis Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Masa Sulit
- 10 Latihan Sederhana di Rumah Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Bugar - 18 November 2020
- Cara Merubah Rumah Bagai Resort Liburan Kala #DiRumahAja - 5 November 2020
- 3 Cara Menentukan Sepeda yang Paling Cocok Sebelum Membeli - 31 Oktober 2020