4 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

4 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

Cartless.id— Fakta penelitian menunjukkan hampir dua pertiga atau mendekati sekitar 50 persen dari bisnis kecil dan menengah tidak berhasil dalam tiga sampai lima tahun pertama. Perjalanan awal ini diwarnai oleh beberapa kesalahan dalam menjalankan strategi awal membuat bisnis.

Memulai bisnis memang sesuatu yang gampang-gampang susah bagi sebagian kita. Apalagi bagi yang belum pernah memulai sama sekali dan terbentur masalah modal. Namun adapula yang tercukupi soal modal tetapi tetap bisnisnya stagnan alias jalan di tempat dan tidak mengalami pertumbuhan.

Berikut adalah :

4 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

yang mungkin bisa bermanfaat dan menjadi pertimbangan bagi Anda.

# Kesalahan 1: Langsung Memulai dalam Skala Besar

Sesuatu yang besar dan berdampak dimulai dari satu langkah kecil. Melalui berbagai langkah dan proses jatuh bangun akan menghasilkan sesuatu yang besar. Adakalanya suatu bisnis dengan keyakinan diri yang tinggi dan ketercukupan modal, langsung membuat segala sesuatunya terpenuhi. Legal perusahaan dengan mengurus ijin dokumen atau lisensi, ruang kantor/ruko, sekumpulan karyawan, dan produk atau jasa yang belum dites di pasar, semua sudah langsung dibuat.

Tidak salah memang jika mempunyai modal yang cukup, tetapi resiko yang diambil juga menjadi besar. Produk atau jasa yang diluncurkan belum terbukti memuaskan dan memenuhi keinginan para konsumen.

Bisnis kecil dengan modal terbataspun kadangkala sudah langsung ingin menempati suatu ruko/toko, membuat online shop dengan mengisi produk-produk yang lengkap, memesan dalam jumlah besar kepada supplier, dan lain sebagainya tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Lebih baik jika Anda memulainya dengan skala kecil terlebih dahulu. Satu atau dua tenaga yang mengerjakan, riset pasar, memulai dari rumah atau co-working space dan jual produk dalam jumlah kecil atau layanan pada satu-dua klien. Lihat respon dan hasilnya dan lakukan evaluasi demi evaluasi. Saran: Start Small!

# Kesalahan 2: Tidak Mempunyai Rencana Jangka Pendek dan Panjang

Seorang pebisnis terkenal pernah mengatakan membuat bisnis jangan dipikirkan, jalankan saja. Kalau terlalu sering dipikirkan malah tidak jalan-jalan bisnisnya. Menurut saya memang benar, tetapi tidak sepenuhnya. Sebuah bisnis logikanya tetap harus mempunyai rencana awal dan rencana kedepannya.

Buatlah suatu catatan awal sebelum membuka bisnis. Apa yang menjadi Rencana Jangka Pendek dan Rencana Jangka Panjang. Rencana tersebut bukanlah suatu yang mutlak untuk dipenuhi semuanya, tetapi setidaknya merupakan panduan Anda untuk tetap berjalan pada alur yang benar dari hari ke hari dan mewujudkan apa yang telah menjadi mimpi Anda. Evaluasi dan perbaikan tetap harus dilakukan.

Catatan Rencana Jangka Pendek bisa merupakan apa yang akan dilakukan pada 1 tahun  awal dan Rencana Jangka Panjang tentang apa yang akan dilakukan sampai 3 – 5 tahun ke depan.

Semua tentu pernah mengetahui cerita perjalanan bisnis restoran siap saji McDonalds. Ray Krouch memulainya dengan rencana pendeknya meningkatkan pelayanan dan design dari outlet restoran terlebih dahulu sebelum mengakuisisi restoran tersebut dari dua orang bersaudara pemilik pertama. Selanjutnya seiring berjalannya waktu, dia membuat rencana jangka panjang dengan membuka beberapa outlet tambahan yang kemudian ditengah jalan merubah sistem menjadi seperti sebuah bisnis real estate dimana setiap orang bisa membeli frandchise-nya asal mempunyai lokasi yang strategis dan membeli sistemnya. Hal ini menunjukan pentingnya suatu perencanaan atau business plan bagi sebuah bisnis skala kecil atau besar.

# Kesalahan 3: Tidak Berani Ambil Resiko

Anda mungkin berhati-hati dalam memulai dan menjalankan bisnis Anda. Ini merupakan sesuatu yang normal karena mungkin Anda mencurahkan waktu dan passion Anda agar bisnis tidak merugi. Tetapi jika terlalu bermain aman, Anda mungkin akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan performa produk dan jasa atau meningkatkan pangsa pasar Anda. Sesekali Anda perlu mengambil resiko.

Misalnya jika Anda tidak mengambil langkah untuk meningkatkan budget iklan berbayar Anda, atau tidak melakukan inovasi pada produk atau layanan Anda demi untuk menekan atau efisiensi biaya. Kita mungkin tidak akan tahu bagaimana reaksi pasar jika Anda tidak melakukan dua hal tersebut.

Jika dua hal tersebut gagal, setidaknya Anda telah mengetahui dan mendapat wawasan mengenai respon pasar dan Anda bisa melakukan perbaikan ke depan untuk bisnis lebih maju. Tetapi jika tidak ada terobosan atau tidak melakukan dua hal tadi misalnya dan Anda tidak melakukan sesuatu yang out of the box sama sekali, Anda akan kehilangan peluang tentang rahasia dari meningkatnya performa produk dan layanan Anda.

Aditya Jamaludin (CMO, Fabelio.com) melakukan inovasi cara membeli furniture yang berkualitas tanpa harus mengunjungi toko atau outlet yang menjualnya. Aplikasi fabelio dibuat untuk menjawab keluhan masyarakat mengenai membeli furniture merepotkan, tidak ada garansi kerusakan dan perlu biaya tambahan untuk reparasi ulang. Dengan sedikit mengambil resiko, sampai saat ini fabelio masih terus tumbuh dan beroperasional.

# Kesalahan 4: Tidak Ada Backup Skenario Kejadian Terburuk

Pandemi virus covid-19 telah menyadarkan kita semua tentang pentingnya mempunyai backup plan dari apa yang telah kita lakukan saat membuka bisnis. Kebanyakan memang sedikit orang yang memikirkan kejadian terburuk yang akan menimpa bisnis kita.

Saat akan memulai membuka bisnis kita, pikirkan juga skenario rencana kedua apabila bisnis berhenti ditengah jalan. Apakah akan melakukan pivot, diversifikasi bisnis, atau ada backup inovasi layanan untuk produk dan jasa kita tetap berjalan dan diminati konsumen. Krisis memang bisa terjadi kapan dan dimana saja. Jadi siapkanlah skenario planning cadangan untuk kejadian terburuk yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada bisnis kita. Bisa berupa konsep prototype bisnis kedua, atau perubahan skenario model bisnis.

Baca juga : Tips dan Cara Bisnis Kecil Anda Bisa Sukses dan Bertahan Lama

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

3 thoughts on “4 Kesalahan Dasar yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *