24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja

24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja
Image: via Pexels

Cartless.id– Masa pandemi corona mengharuskan banyak orang melakukan banyak kegiatan dari dalam rumah seperti belajar, bekerja dan berolahraga. Mungkin sebagian dari kamu berpikir bahwa aktifitas dan olahraga yang bisa dilakukan hanya sebatas itu-itu saja. Tenang, supaya kamu tidak merasa bosan sebenarnya ada banyak jenis aktifitas olahraga yang bisa dilakukan #DiRumahAja.

Berikut adalah beberapa jenis aktifitas olahraga yang bisa dilakukan di rumah agar kamu tetap bisa bergerak dan tidak merasa bosan. Tubuh kamu pun tetap sehat, bugar dan fun.

24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja

1. Skipping (Jump Rope)
24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja
image: via pexels

Kamu pasti tahu aktifitas yang satu ini. Skipping adalah alat yang biasa digunakan untuk melakukan pemanasan.

Alat yang berupa dua buah pegangan tangan yang dihubungkan dengan tali panjang ini dipakai untuk melakukan lompatan di tempat dari bawah kaki sampai melewati atas kepala.

Semakin lama dan cepat intensitas melompat dengan alat tali ini, semakin banyak kalori tubuh yang bisa dibakar. Manfaatnya pun selain membakar kalori adalah untuk mengencangkan otot, menambah tinggi badan dan meningkatkan kinerja otak.

 

2. Treadmill

24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAjaOlahraga dalam ruangan satu ini adalah berlari atau jalan di tempat dengan menggunakan mesin treadmill.

Alat treatmill bisa disesuaikan intensitas kecepatannya sesuai dengan kemampuan dan keinginan pengguna.

Seperti jogging atau berlari di luar ruang, manfaatnya adalah sama yaitu untuk menyehatkan otot jantung, mencegah osteoporosis, menjaga berat badan dan meningkatkan kebugaran tubuh.

 

 

3. Spot Jogging (Lari2 kecil)
Image: via Pexels

Spot Jogging adalah berlari-lari kecil di dalam ruang untuk melakukan pemanasan atau meningkatkan kebugaran.

Tidak diperlukan ruang atau area yang besar.

Cukup tempat atau ruang yang ditata seperlunya di dalam rumah seperti: ruang tamu, garasi, atau halaman.

Kamu bisa mulai dengan lari-lari kecil di tempat dan melakukan repetisi berlari mengitari ruang yang digunakan. Jika rutin dilakukan bukan tidak mungkin akan didapatkan berat badan yang proporsional.

 

4. Angkat Beban (Gym)

24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAjaAktifitas ini berguna untuk menjaga kondisi fisik agar tetap bugar dan bisa membentuk otot massa tubuh.

Namun harus disesuaikan dengan kemampuan dan jangan berlebihan.

Jika tidak menggunakan alat yang biasa dipakai di gym bisa juga dengan membuat sendiri dengan menggunakan kaleng yang telah di isi atau di semen.

Bisa juga menggunakan benda lain di dalam rumah yang mempunyai bobot yang sesuai.

 

5. Tenis Meja (Pingpong)

Bermain tenis meja adalah aktifitas olahraga yang menyehatkan dan cukup fun. Kamu bisa bermain dengan sesama anggota keluarga di kala luang.

Alatnyapun tidak harus meja tenis asli yang biasa untuk pertandingan atau dibeli di toko olahraga.

Kamu bisa menggunakan meja makan atau meja lain yang sesuai dengan diberi net pembatas pada bagian tengahnya.

Namun harus tetap menggunakan bed dan bola pingpong yang sesuai.

 

6. Senam Aerobik / Dance
Image: via Unsplash

Senam aerobik atau dance bisa dilakukan sendiri atau secara berkelompok.

Jika sedang dalam masa pandemi maka senam aerobik bisa dilakukan di dalam rumah sendiri dengan menggunakan lagu suara music atau video panduan senam yang diputar.

Senam aerobic ini bisa dipadukan dengan dance modern dan cukup bagus untuk membakar kalori tubuh. Selain itu dapat menimbulkan efek fun dan menjaga berat badan kamu tetap proporsional.

 

7. Yoga

24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAjaAktifitas yoga bermanfaat untuk kesehatan fisik tubuh dan mental jiwa. Menurut ahli di National Institute of Health (Medline Plus) berlatih yoga meningkatkan kebugaran dan fleksibilitas, menurunkan tekanan darah dan detak jantung, membuat rileks, meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi stres.

Yoga berfokus pada melatih pernapasan, meditasi dan berbagai pose yang ditujukan untuk relaksasi dan mengurangi stres.

Pemula sekalipun bisa melakukannya dan mendapatkan panduan melalui video pembelajaran kelas yoga dan panduan belajar yoga dari internet yang kredibel.

 

8. Bulutangkis

Siapa yang tidak mengenal jenis olahraga satu ini. Jika dilakukan secara rutin dan benar akan menjaga tubuh kita tetap bugar dan proporsional.

Selain di lapangan bulutangkis, olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam rumah namun dengan tempat atau lahan yang disesuaikan.

Aturlah bagian yang paling luas di dalam rumah atau bisa juga dilakukan di halaman.

Pindahkan sementara barang dan perabotan agar ruangan cukup lapang untuk bermain bulutangkis.

Pasang net buatan dan sesuaikan dengan intensitas kekuatan pukulan tangan. Kamu bisa bermain dengan anggota keluarga dalam satu rumah, fun dan stamina tetap terjaga.

 

9. Jalan Kaki

Berjalan kaki menyebabkan seluruh otot-otot tubuh bekerja dan sirkulasi darah berjalan dengan sempurna ke seluruh bagian tubuh termasuk jantung.

Hal ini meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, kesehatan sendi terjaga, mengurangi stress dan mempertahankan berat badan selalu dalam kondisi ideal.

Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dalam tubuh.

Selain itu berjalan kaki secara santai adalah merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung.

Kamu bisa melakukannya di halaman, ruang tamu atau garasi yang tertata dan di areal sekitar rumah.

 

10. Sepeda Statis

Bersepeda tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah tetapi juga di dalam rumah. Gunakan sepeda statis atau sepeda yang dimodifikasi untuk diam di tempat. Kamu bisa menggunakan sepeda statis yang sudah jadi atau membuat penyangga pada bagian roda belakang agar ketika sepeda dikayuh, sepeda tetap diam di tempat. Dengan mengayuh sepeda di rumah, kamu bisa membakar kalori tubuh, menjaga kesehatan jantung dan stamina tetap bugar.

 

11. Sepakbola Mini
Image: via Unsplash

Serius, Sepakbola? Ya. Siapa bilang bermain bola tidak bisa dilakukan dirumah. Dengan sedikit kreatifitas kamu bisa merubah halaman, garasi atau bahkan ruang tamu di rumah menjadi lapangan sepakbola mini.

Tentunya bermain bola dengan tendangan intensitas rendah hingga sedang dan dengan menggunakan bola yang ringan serta sesuai.

Gunakan juga gawang buatan berukuran kecil yang bisa dibeli di toko olahraga atau kamu bisa membuat tiang gawang dengan kayu, tali rafia atau benda padat.

Buatlah sekreatif mungkin. Bermain bersama anak-anak dan anggota keluarga lain dalam satu rumah cukup menyenangkan.

Selain berebut memasukkan bola ke gawang, kamupun bisa berlatih juggling, penalti dan tendangan bebas. Fun dan menyehatkan. Menarik, bukan?

 

12. Bola Basket Indoor

Bermain bola basket adalah suatu kegemaran bagi tua maupun muda. Memasukkan bola ke dalam keranjang bisa melatih fokus.

Untuk bermain basket di dalam rumah, kamu bisa membeli satu set keranjang basket ukuran mini yang sudah tersedia dengan papan penyangganya dan hanya tinggal menggantung saja.

Ukuran bola basket bisa disesuaikan dengan keranjang basket serta luas lapangan yang digunakan.

Kamu bisa bermain basket di halaman, garasi atau ruang tamu yang sudah ditata.

 

13. Push-up, Sit-up dan Gym-ball

Aktifitas olahraga berikut ini merupakan serangkaian kegiatan yang bisa dilakukan secara bersama-sama dalam satu waktu latihan.

Push-up adalah satu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep dan trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan posisi tangan disisi kiri dan kanan badan. Kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan dengan posisi kaki dan badan tetap lurus.

Sit-up adalah satu latihan olahraga yang melatih otot perut, dada, panggul, pinggang bagian bawah dan leher. Posisi awal merupakan kebalikan dari push-up dimana tidur dalam posisi terlentang dengan tangan dilipat pada bagian belakang kepala dan menaikan posisi badan dan kepala kearah atas dengan kaki tetap tegak lurus atau bersiku pada lutut.

Gym-ball adalah alat pendukung olahraga berbentuk bola dengan bermacam ukuran yang digunakan sebagai pengganti kursi dan efektif untuk memperbaiki postur tubuh seperti tulang panggul. Alat ini biasanya digunakan untuk senam dan kebugaran tubuh.

Lakukan beberapa repetisi atau pengulangan untuk masing-masing aktifitas diatas dan sesuaikan dengan kemampuan. Jika melakukannya secara rutin maka kamu akan merasakan manfaatnya. Tubuh menjadi proporsional dan bugar.

 

14. Hoolahoop

Hoolahoop adalah gelang berukuran besar yang terbuat dari rotan yang digunakan untuk diputar pada bagian pinggul, perut atau leher. Biasanya anak-anak dan wanita dewasa sering memainkannya untuk fun, melatih otot pinggul dan membentuk tubuh menjadi proporsional.

Berolahraga menggunakan hoolahoop selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi lemak perut karena kalori yang terbakar pada bagian pinggang atau perut tersebut.

 

15. Skateboard & Sepatu Roda

Bermain skateboard dan sepatu roda biasanya adalah aktifitas keterampilan yang dilakukan oleh remaja dan dewasa. Aktifitas fun ini bisa dilakukan di luar ruang atau dalam ruang seperti di rumah.

Bagian halaman dan garasi di rumah bisa dipakai untuk melakukan aktifitas ini.

Selain menyehatkan karena pembakaran kalori dari semua bagian tubuh yang bergerak, aktifitas ini juga cukup menyenangkan.

Namun perhatikan juga untuk alat pendukung keselamatan yang harus digunakan seperti helm kepala dan pelapis siku serta lutut.

 

16. Squash (Tenis Dinding)
image: via unsplash

Skuas adalah sejenis olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang dalam sebuah ruang tertutup dimana pemain saling berbalas memukul bola skuas dengan menghadap pada sebuah dinding.

Rally saling memukul bola ini terus berlangsung hingga salah seorang pemain gagal mengembalikan bola hasil pukulan lawan atau melakukan kesalahan.

Ruang yang dibutuhkan tidak terlalu luas dimana terdapat sebuah dinding untuk saling memukul dan memantulkan bola skuas.

Kamu bisa men-settingnya di ruang tamu, garasi atau halaman rumah. Peralatan asli yang dibutuhkan bisa didapatkan di toko olahraga atau membuat duplikasinya sendiri dari alat seperti kayu untuk raket ditambah dengan bola karet kecil atau bola tenis.

 

17. Catur, Karambol dan Monopoli

Ketiga aktifitas ini lebih menekankan kepada melatih kemampuan otak untuk ber-strategi dan berlatih fokus. Siapa yang tak kenal dengan olahraga catur. Catur populer di kalangan muda maupun tua serta berguna untuk melatih kemampuan strategi.

Karambol adalah permainan memasukkan sejumlah koin-koin plastic berbentuk bulat ke dalam sudut-sudut lubang yang dijentik jari pada sebuah meja kecil. Permainan karambol bisa dimainkan hingga empat orang pemain. Permainan ini melatih focus dan presisi ketepatan.

Sedangkan monopoli adalah bentuk permainan keterampilan mengelola keuangan dan asset yang dimiliki untuk menguasai lawan.

 

18. Panahan Sederhana
Image: via Unsplash

Olahraga panahan yang dimaksud di sini adalah aktifitas memanah dengan menggunakan peralatan panahan sederhana atau berupa panahan mainan, sehingga resiko terkena anak panah tidak ada.

Peralatannya banyak di jual di toko olahraga seperti Decathlon dan hanya membutuhkan space ruang yang tidak terlalu besar seperti garasi atau halaman rumah.

Panahan berguna untuk melatih fokus pada target dan kekuatan otot tangan. Bisa dimainkan oleh anak-anak dan dewasa.

Bisa juga dengan melalui bimbingan instruktur yang terlatih untuk mendapatkan skill dan kemampuan dasar yang maksimal.

 

 

19. Dartboard Game

Dartboard adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih dimana pemain melemparkan anak panah kecil ke sasaran skor yang ada pada papan dartboard.

Jarak dan ruang yang dibutuhkan bisa disesuaikan dan papan dartboard tinggal digantung pada tempat yang diinginkan.

Peralatannya pun banyak ditemukan di toko olahraga atau dijual online. Olahraga permainan ini juga berguna untuk melatih fokus dan otot tangan.

 

 

20. Trampolin
Image: via pexels

Anak-anak dan remaja banyak menyukai permainan ini karena faktor fun yang ditimbulkan dari aktifitas melompat-lompat.

Namun peralatan yang dibutuhkan harus aman dan dibeli pada toko olahraga yang menjualnya. Terdapat trampolin ukuran kecil dan sedang yang bisa disesuaikan dengan space ruang yang ada di rumah.

 

21. Berkebun dan Bercocok Tanam

Berkebun dan bercocok tanam adalah aktifitas bergerak yang bisa membakar kalori dan sangat menyenangkan bagi yang hobi pada tanaman. Berguna pula untuk relaksasi dan mengurangi stress.

Ruang yang dibutuhkan tidak terlalu luas. Bisa di halaman atau digantung dengan proses pengairan dan sinar matahari secukupnya (hidroponik).

Wadah yang dipakai bisa menggunakan benda daur ulang seperti botol aqua, ban atau kaleng bekas. Objeknya bisa berupa tanaman hias atau sayur-sayuran seperti kangkung dan cabai.

Tanaman yang dihasilkan bisa dikonsumsi sendiri atau dikoleksi. Selain itu bisa juga dijadikan aktifitas bisnis dengan menanam beberapa tanaman hias yang sedang trend dan dijual setelah dikembangkan.

 

22. Bermain dan Memandikan Hewan Peliharaan
24 Aktifitas Olahraga yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja
Image: via unsplash

Jika kamu sedang merasa bosan dan termasuk pencinta hewan peliharaan, mengapa tidak mencoba memelihara hewan kesukaan?

Kucing dan anjing adalah alternative hewan peliharaan yang bisa diajak bermain dan dimandikan.

Dengan bermain dan memandikan hewan peliharaan, tubuh kamu akan bergerak dan membakar kalori. Hatipun senang.

 

23. Mencuci Mobil atau Motor

Saat di rumah dan mempunyai banyak waktu luang adalah saat terbaik untuk kamu mencuci sendiri mobil atau motor. Pengeluaran pun berkurang dari yang tadinya selalu mencuci kendaraan di tempat pencucian mobil atau motor. Selain berhemat, kamu juga berolahraga dengan tubuh bergerak membakar kalori.

 

24. Membersihkan atau Mendekor Ulang Rumah

Coba perhatikan perabotan dapur, alat elektronik, rak buku atau lemari pakaian kamu. Kapan terakhir kali dibersihkan?. Atau layout dan dekorasi kamar tidur, ruang tamu dan dapur. Apakah perlu didekor ulang? Dengan melakukan aktifitas tersebut, sama saja dengan me-recharge jiwa dan pikiran karena melihat suatu perubahan baru yang baik dan kamu membakar kalori.

 

Kesimpulan :

Aktifitas olahraga sebenarnya banyak yang bisa dilakukan dari dalam rumah. Aktifitas olahraga di rumah tidak terpusat pada jenis olahraganya tetapi bisa dari cara bergerak dan bagaimana membakar kalori tubuh. Tergantung dari kreatifitas kamu.

Namun perlu diperhatikan bahwa aktifitas olahraga yang dilakukan di dalam rumah apalagi di masa pandemi harus dilakukan dengan intensitas rendah sampai sedang. Ditambah dengan relaksasi, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi maka stamina tubuh dan pikiran kamu akan tetap terjaga. Salam sehat, kawan!

Semoga bermanfaat! 🙂

Baca juga : Cara Berolahraga Efektif dan Nyaman Selama Pandemi. Mengapa Harus Melakukannya?

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *