14 Panduan Kunci Sukses Berbisnis Online

14 Panduan Kunci Sukses Berbisnis Online

Cartless.id— Bisnis online adalah bisnis yang paling membutuhkan kepercayaan dari konsumen dan kredibilitas dari penjualnya. Integritas yang dibuktikan oleh kepercayaan konsumen dan kredibilitas penjualnya tersebut penting karena bersifat visual dan agar produk atau jasa Anda terus dicari konsumen. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada 14 panduan kunci sukses berbisnis online yang perlu Anda ketahui.

Bisnis Online Sumber Rezeki

Beragam cara manusia mengais rezeki demi keluarga serta tuntutan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Bisnis online tidak terbatas pada toko-toko online ternama atau marketplace dengan jaringan luas seperti Tokopedia, Bukalapak, Blanja, Shopee, Lazada, Blibli, dan juga JD.id. Namun berbisnis online bisa dijalankan siapapun yang memiliki kemauan dan kemampuan menjual barang dagangannya.

Internet memang bisa dimanfaatkan untuk sarana promosi maupun menjual produk. Namun ada beberapa poin panduan yang perlu diperhatikan saat menjalankan bisnis online. Layaknya maju ke medan perang maka terjun ke dunia bisnis pun butuh strategi untuk meraih sukses.

Berikut kami sampaikan,

14 Panduan Kunci Sukses Berbisnis Online :

Tidak menjadi masalah produk apapun yang ditawarkan dalam berbisnis online. Asal 14 panduan kunci sukses ini menjadi bahan pertimbangan Anda.

1. Validitas Produk

Produk apapun yang dijual secara online hendaknya merupakan produk yang dibutuhkan masyarakat umum dan bukan produk cacat. Jika ingin berbisnis makanan secara online pastikan produk tersebut bisa fast delivery dalam beberapa jam saja. Jika ingin berbisnis jasa pastikan masalah konsumen terselesaikan dengan cepat (fast problem solving) dan tempatkan diri Anda pada posisi mereka. Selain itu kenali value dari produk atau jasa Anda.

2. Teknik Berpromosi

Bisnis online pun mengenal kompetitor. Kompetitor adalah lawan tanding dalam hal kreatifitas menghasilkan produk-produk baru. Berpromosilah secara santun tanpa menjatuhkan produk kompetitor. Saat ini eranya content marketing dan copywriting. Kuasai dan gunakan teknik promosi digital marketing tersebut agar sesuai dengan perkembangan era industri saat ini.

Ada beberapa rekomendasi kursus digital marketing gratis dan berbayar yang bisa Anda ikuti, diantaranya:

  • Google Digital Garage. Kursus online gratis yang diadakan Google untuk mengakomodir pengguna yang ingin belajar digital marketing, cocok untuk pemula. Ada total 26 modul yang bisa dipelajari dan mendapatkan sertifikat jika berhasil menyelesaikan keseluruhan modul.
  •  Google Analytics Academy. Kursus online digital marketing dari Google yang juga gratis. Tools ini penting untuk menarik data-data yang Anda butuhkan dalam strategi marketing dan pengembangan bisnis.
  • The Complete Digital Marketing 12 Course – Udemy. Kursus komplit digital marketing berbayar dari platform Udemy. Anda bisa belajar Google Adwords (PPC), Social Media Marketing, Email Marketing, Google Analytics, SEO, dan masih banyak lagi.

 

3. Hormati Norma Sosial

Jual produk yang tidak bertentangan dengan norma sosial. Jangan menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat. Menjual mainan berupa boneka yang seronok mungkin tidak menyebabkan keracunan tetapi menimbulkan dampak buruk secara psikologis bagi pikiran anak-anak.

4. “Original Is the Best”

Jangan pernah menjual produk KW atau hasil plagiasi. Konsumen akan mencatat penjual online yang dianggap menjual barang palsu atau sekedar meniru. Jaga kredibilitas dan lebih baik dengan menjual barang asli atau hasil produksi sendiri dengan nilai yang unik.

5. Pilih Produk yang Umum dan Mudah Dipasarkan

Berbisnis online berbeda dengan berjualan di toko nyata. Jika toko nyata memungkinkan bagi konsumen untuk melihat, memilih dan memegang produk secara langsung maka produk yang dijajakan toko online hanya bisa dilihat secara visual. Maka sebaiknya produk yang dijual secara online adalah produk umum yang bisa dijelaskan secara detail melalui deskripsi produk dan foto-foto produk yang memukau.

 

6. Maksimalkan Website dan Media Sosial

Melakukan bisnis atau menjual sesuatu saat ini di era digital, jika tidak menggunakan website atau media sosial adalah bagaikan sayur tanpa garam. Semua terasa hambar bahkan basi. Jutaan calon konsumen Anda terhubung dengan internet dan sosial media saat ini. Jika Anda tidak mempunyai website atau akun media sosial khusus untuk bisnis Anda, dari mana mereka akan mengenal bisnis Anda?

Anda bisa memulai dengan membuat website Anda sendiri atau menggunakan jasa pembuatan website. Banyak artikel bertebaran di internet tentang cara membuat website. Terpenting adalah Anda membeli domain dan sewa hosting di provider terkait seperti Dewaweb, Niagahoster, dll.

Baca juga : Promosikan Website Anda dengan 8 Cara Gratis Ini, Mudah & Jitu!

7. Berani Anggarkan Biaya Iklan

Bisnis kalau tidak untung, ya rugi. Juga sebaliknya. Namun persoalannya adalah bagaimana kita menekan resiko kerugian seminimal mungkin dan memaksimalkan profit setinggi mungkin. Semua itu perlu keberanian meng-anggarkan biaya iklan atau promosi. Targetkan calon konsumen dan biaya iklan secermat mungkin, namun jangan pelit. Berani ambil resiko. Lihat hasilnya dan evaluasi ulang. Gunakan budget Anda untuk beriklan di Google Ads, Facebook Ads atau Instagram Ads. Deni Santoso (digital marketer) berani menganggarkan budget iklan milyaran untuk hasil milyaran pula. Tonton video ini. 

8. Gunakan Promo-Promo Menarik

Konsumen biasanya getol mencari promo barang murah dengan benefit tambahan. Untuk menarik konsumen seperti itu biasakan gunakan promo-promo murah di awalnya. Seperti : “Beli 1 dapat 2”, “Bayar produk utama dan dapatkan 3 produk tambahan”, “Jalan-jalan paket tour setelah membeli” atau “Layanan gratis webinar selama setahun”, dan masih banyak lagi contoh menarik lainnya. Jangan takut rugi. Sesuaikan dengan Harga Pokok Produk atau Jasa Anda.

 

9. Optimalkan Strategi Email Marketing

Setelah bisnis Anda terkenal suka memberi promo harga murah, pasti banyak lagi calon pelanggan yang bersedia mampir. Lalu tangkap database mereka dengan mengisi form newsletter atau isian produk terbaru dan gunakan email marketing untuk melakukan promosi otomatis secara berulang. Promosi bisa berjalan terus namun budget promosipun dapat ditekan. Mailchimp atau kirim email adalah beberapa contoh yang bisa membantu Anda.

 

10. Networking

Berbisnis online selain butuh kepercayaan dan kredibilitas dari pelanggan, memerlukan pula komunitas dan networking untuk saling berbagi, melindungi dan bekerja sama. Sama seperti bisnis pada umumnya membutuhkan asosiasi dan legal resmi sebagai pelindung. Pada bisnis online, jika Anda mengenal lebih banyak pebisnis online lainnya dan reputasi Anda dikenal baik maka akan sangat menguntungkan. Sering berbagi dan berkomunikasilah, maka Anda akan dijaga dan saling menjaga.

 

11. Miliki Mentor

Kemampuan manusia terbatas. Begitupun Anda sebagai pebisnis online. Setinggi apapun kemampuan Anda dalam berbisnis online pasti ada yang lebih tinggi lagi kemampuannya. Lagipula  bisnis serta teknologi online dinamis dan berubah terus sifatnya. Milikilah seorang mentor bisnis online yang Anda anggap mumpuni, sesuai jiwa Anda dan mampu membawa Anda melewati setiap fase perubahan teknologi agar bisnis online Anda sustainable. Carilah di dalam networking Anda sendiri agar mendapatkan seorang mentor bisnis yang Anda ketahui luar dalam. Seorang Steve Jobs pun memiliki Mike Markkula sebagai mentornya. 

 

12. Pertimbangkan Membuat Aplikasi

Website bisnis online akan lebih lengkap jika memiliki aplikasi yang bisa di-download di Google Play Store atau Apple Store. Konsumen dan pelanggan setia akan dimudahkan dengan pelayanan via aps yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kredibilitas semakin meningkat dan tingkat closing pun semakin tinggi. Anda bisa meng-hire programmer yang Anda kenal atau mencarinya di situs Fastwork.id yang menyediakan freelancer untuk jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS profesional.

 

13. Pertimbangkan Daya Ungkit (Leveradge)

Daya ungkit atau leveradge adalah istilah dalam manajemen atau sering dipakai sebagai strategi rahasia untuk menjadi kaya secara finansial. Anda pasti punya tujuan dalam berbisnis online dan tujuan itu bisa cepat diraih dengan mempunyai bisnis online yang sukses dan menduplikasikannya. Mempunyai daya ungkit berarti membuatnya menjadi banyak (duplikasi) dan memberikan keuntungan bagi pemilik. Setelah satu bisnis online Anda berhasil dan berkembang, duplikasikanlah dengan membuat reseller, buka cabang baru atau frenchise.

 

14. Melakukan Investasi

Bisnis online yang sukses adalah merupakan suatu investasi jangka panjang. Bisa diwariskan turun temurun pada anak cucu karena jejak digitalnya tidak akan pernah hilang yaitu ada pada website, media sosial, cloud server, konsumen yang loyal dan legalitas (sepanjang terus diperbaharui). Untuk mewujudkannya memerlukan kerja keras dan waktu yang lama.

Anda bisa mengusahakannya lebih cepat dengan paham mengenai investasi. Rupiah demi rupiah yang Anda hasilkan dari bisnis online investasikanlah ke instrumen seperti saham, reksadana, atau obligasi untuk terus memperkuat struktur modal bisnis online Anda tadi. Jadi dari bisnis online ke investasi dan kembali ke bisnis online dan seterusnya.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Baca juga :

 

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

5 thoughts on “14 Panduan Kunci Sukses Berbisnis Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *