12 Cara Mulai Bisnis Tanpa Modal No.3 & 8 Mudah Sekaligus Penting

12 Cara Mulai Bisnis Tanpa Modal, No.3 & 8 Mudah Sekaligus Penting

Cartless.id12 Cara Mulai Bisnis Tanpa Modal No.3 & 8 Mudah Sekaligus Penting. Memulai suatu bisnis atau usaha sudah sangat terbantu di era digital ini. Meskipun seorang pemula sekalipun asal dilakukan dengan penuh komitmen, rendah hati dan kerja keras, Anda pasti bisa mewujudkannya. Bahkan bisa menjadi besar dan memberi manfaat bagi orang banyak.

Namun bagaimana sebenarnya cara mulai bisnis tanpa modal yang mudah sekaligus mana yang penting dilakukan?

Tenang, semua bisa dijalani dan akan menjadi sebuah kebiasaan. Banyak sarana pendukung yang bisa dipakai seperti : jaringan internet, sosial media, smartphone dan komunitas. Ditambah dengan doa dan kerja keras. Bisnis adalah tentang bagaimana kita bisa menjual sesuatu. Juga hal mengenai mindset, mental dan menaklukan diri sendiri. Semua berproses! So, manfaatkanlah peluang Anda. Yukk, kita mulai…

12 Cara Mulai Bisnis Tanpa Modal No.3 & 8 Mudah Sekaligus Penting

 

Pilih urutan mulai dari yang nyaman melakukannya dan keadaan situasi Anda saat ini:

1. Mulai dari Rumah. Start Work From Home!

Rumah kebanyakan adalah tempat yang nyaman bagi semua orang. Kita bisa berpikir tenang dan jernih untuk memulai, merencanakan dan melakukan segala sesuatu. Bila tidak mempunyai modal dan sumber daya, lihat sekeliling Anda, hal apa yang bisa dimanfaatkan. Catat dan susun rencana.

2. Browsing Internet dan Kenali Passion

Meskipun tidak mempunyai modal samasekali, pasti Anda saat ini memiliki smartphone yang terhubung ke internet. Asumsikanlah seperti itu 🙂 Browsinglah dengan mencari tahu bagaimana cara memulai bisnis tanpa modal. Banyak data panduan yang beredar, tapi sesuaikan dengan minat dan kondisi Anda. Selain itu Anda harus mengenali passion atau gairah Anda sendiri, yaitu dimana Anda tidak pernah merasa lelah untuk melakukan sesuatu.

3. Manfaatkanlah Hobi atau Kegemaran

Anda mempunyai hobi atau kegemaran pribadi? Pasti punya. Hobi Anda bila ditekuni dan dikembangkan bisa menjadi peluang bisnis. Entah itu berupa peluang menjual jasa atau produk dari hobi Anda tersebut. Lagipula Anda merasa senang melakukannya sekaligus mendapat keuntungan dari melakukannya.

Sebagai contoh Anda hobi makan dan menguasai membuat kue. Menjual dan memasarkannya lewat media sosial bisa menjadi pilihan. Atau Anda hobi mengemudi mobil atau motor dan menguasai peta suatu daerah. Anda bisa membuka layanan pengantar barang atau agen travel online mandiri bagi turis lokal dan asing.

4. Memulai dengan Bisnis Jasa

Menjual jasa layanan atau service adalah memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dalam bentuk pertolongan. Berbeda dalam hal menjual produk, Anda harus punya modal terlebih dahulu untuk membeli bahan atau suatu produk dan menjualnya kembali. Dalam memberikan layanan atau pertolongan, Anda tidak memerlukan modal sama sekali. Jika Anda menguasai suatu skill atau kemampuan, juallah itu sebagai layanan pertolongan kepada orang lain. Misalnya mendesign, memperbaiki mesin atau menguasai suatu bahasa asing. Jika Anda tidak mempunyai modal, Anda bisa memulai dengan membuka bisnis jasa terlebih dahulu.

5.  Lakukan Pertama Kali dengan Sendiri Saja

Memulai dan mencari peluang kegiatan bisnis pertama kali, lebih mudah dan efisien dilakukan secara sendiri saja dulu. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menemukan berbagai skill, kemampuan, atau peluang menarik yang Anda bisa kembangkan menjadi lebih besar. Setelah itu, Anda bisa mencari partner atau karyawan jika bisnis Anda telah berkembang dan menguntungkan.

6. Juallah Skill atau Pengetahuan Anda

Anda menguasai suatu skill kemampuan atau suatu pengetahuan yang bermanfaat? Juallah itu bagi orang lain. Pasti ada seseorang yang membutuhkannya di luar sana. Jika Anda menguasai melukis, memperbaiki sesuatu, mendesign, membuat prototype, menguasai ilmu manajemen, bahasa asing, bermain gitar, keyboard, drum dan alat musik lain, semuanya bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis Anda pertama kali dengan tanpa modal.

Jual layanan kepada orang yang membutuhkan skill dan pengetahuan Anda tersebut. Gunakan sarana sosial media dan nomor whatsapp Anda untuk memulainya. Setelah mempunyai klien dan mendapat keuntungan, Anda bisa mengembangkannya dengan membuka website yang akan memperluas market potensial Anda.

7. Start Small!

Mulailah segala sesuatunya pertama kali secara sederhana. Mulai dari satu layanan, berkembang menjadi dua, tiga dan seterusnya. Tambahkan satu produk, berkembang menjadi satu, dua dan seterusnya. Mulai dengan tanpa modal, putar keuntungan dengan menambah modal lagi dan seterusnya. Nikmati perjalanannya, namun jangan lupakan menikmati hidup Anda, melakukan sedekah dan tetap melakukan hal yang bermanfaat bagi sesama.

8. Kerahkan Semua Sumber Daya yang Dimiliki

Walaupun tidak mempunyai modal sama sekali, inventarisir-lah aset apa yang Anda miliki saat ini. Aset Anda bisa berupa barang seperti sebuah sepeda, dll. Atau aset tidak terlihat seperti skill dan pengetahuan. Kumpulkan dan catat semuanya serta jadikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Intinya rencanakan. Jika Anda hanya mempunyai smartphone, gunakan sesuai tujuan Anda. Begitu pula jika hanya punya sebuah skill, tawarkan itu pada orang lain dan menjualnya.

Atau jika tidak ada sesuatu pun sama sekali yang melekat di sekitar Anda, kami beritahu rahasianya disini!

” Pergilah ke Perpustakaan Nasional, Jakarta atau perpustakaan lain di kota Anda. Di sana ada ruang layanan multimedia dimana setiap orang bisa menggunakan komputer untuk browsing internet atau merancang sesuatu. Tentunya Anda harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Mulailah rencanakan ide, berpikir keras, berkreasi dan buatlah suatu peluang disana. Buat sebuah alamat email dan nomor telepon yang nantinya konsumen bisa terhubung ke Anda. Penggabungan internet + sosial media + aset melekat Anda, adalah sesuatu yang dahsyat! “

Semua tanpa modal bukan …?!

9. Buatlah Akun Sosial Media + Website Gratis untuk Layanan dan Produk Anda

Saat ini di era industri 4.0, sosial media + website yang dikemas dalam digital marketing adalah merupakan sarana promosi produk dan jasa yang paling ampuh. Buatlah akun sosial media di Facebook dan Instagram untuk setiap layanan atau produk yang ingin dijual. Selain itu buat juga sebuah website gratis untuk menampilkan profil bisnis Anda.

Untuk website gratis, apakah mudah? Sangat mudah sekali. Anda bisa membuatnya melalui wordpress, weebly, wix atau provider lain. Sebagian besar web tersebut tidak memerlukan kemampuan coding sama sekali, hanya model drop & drag yang mudah untuk dipelajari. Setelah bisnis Anda berkembang dan menghasilkan, barulah membeli hostingnya agar bisnis Anda lebih kelihatan kredibel. Hosting disini adalah berbayar secara bulanan atau tahunan dan Anda menggunakan nama domain website Anda sendiri tanpa embel-embel providernya.

Lagi-lagi semua dimulai tanpa modal …!

10. Memberdayakan Network

Anda pasti mempunyai keluarga, teman dan lingkungan masyarakat terdekat rumah Anda. Gunakan jaringan tersebut untuk mempromosikan produk atau layanan Anda dari mulut ke mulut. Kabarkan produk atau layanan Anda. Selain berpromosi bisa juga terlihat nanti apakah produk atau layanan Anda memuaskan atau perlu perbaikan dan bisa dilihat demand-nya. Teknik pemasaran konvensional ini terbilang murah dan bahkan gratis. Setelah dievaluasi dan semuanya terlihat bagus lalu permintaan meningkat, Anda bisa mulai mengembangkan dengan melakukan promosi berbayar seperti ke Facebook ads, Instagram ads atau Marketplace jasa dan produk (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Sribulancer, TripAdvisor, dll).

11. Memanfaatkan Barang Bekas Tak Terpakai

Lihat sekitar dan sekeliling rumah Anda. Apakah ada barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai atau barang yang sudah Anda beli namun tidak lagi digunakan. Barang-barang tersebut bisa Anda jual kembali melalui situs jual beli barang bekas seperti : Caroussel, Prelo, OLX, Belanjabekas, Jualo, Tokopedia, atau Bukalapak. Tentunya barang tersebut harus dalam kondisi baik dan layak pakai. Ini bisa menjadi peluang bisnis tanpa modal Anda selanjutnya.

Jika hal ini berjalan baik, keuntungan dari menjual barang bekas tersebut bisa Anda gunakan lagi untuk membeli barang bekas lain berkualitas baik dengan harga murah. Barang tersebut bisa Anda perbaiki kembali, kreasikan, modifikasi atau didesign ulang dengan alat-alat yang Anda punyai. Nantinya tentu akan meningkatkan kualitas dari barang tersebut, lalu jualah kembali. Anda mendapatkan profit dari selisih beli jual tersebut.

Tanpa modal…?! Yess! 🙂

12. Magang

Jalan terakhir jika Anda ingin mulai membuka bisnis tanpa modal adalah dengan magang atau bekerja dengan orang lain terlebih dahulu. Serap ilmunya! Kuasai jalur distribusi, suplier, arus kas dan tingkah laku dari konsumen. Gali keinginan konsumen atau pembeli yang tidak terpenuhi. Jika Anda rasa sudah cukup, mulailah membuka usaha sendiri dengan segala ilmu yang telah didapat dan penuhi ekspetasi konsumen yang belum terpuaskan tadi. Bahkan Anda sudah bisa mempunyai modal usaha dari hasil magang tersebut.

Kesimpulannya bahwa memulai membuka usaha tanpa modal adalah mungkin dan sudah banyak yang mewujudkannya. Asalkan Anda tekun, ikhtiar dan percaya diri maka semuanya bisa terwujud. Tunggu apalagi, sekarang giliran Anda! 🙂 

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda bisa memulainya!

 

Baca juga:  Promosikan Website Anda dengan 8 Cara Gratis Ini, Mudah dan Jitu

Rido Ivanus

Rido Ivanus

Business & Classic Rock Songs Enthusiast! Love to write and share anything useful.

3 thoughts on “12 Cara Mulai Bisnis Tanpa Modal No.3 & 8 Mudah Sekaligus Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *